Harus Tahu, Ini 10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Selalu Dibutuhkan di Masa Depan

Senin, 07 Maret 2022 - 17:12 WIB
loading...
Harus Tahu, Ini 10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Selalu Dibutuhkan di Masa Depan
Jurusan kedokteran. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perubahan teknologi memang dapat mengubah tren dunia kerja. Namun ada sejumlah jurusan kuliah yang lulusannya akan tetap dicari oleh industri di masa depan.

Bagi calon mahasiswa baru , tren pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan perlu dipahami sejak dini. Hal ini penting karena dapat menentukan karier yang bisa diambil yang relevan dengan jurusan yang akan ditempuh di perguruan tinggi.

Baca juga: Ini Sederet Jurusan Sepi Peminat dengan Prospek Kerja Tinggi, Nomor 2 Paling Diminati

Melansir dari laman Ruangguru di ruangguru.com, Senin (7/3/2022), telah dirangkum 10 jurusan kuliah yang lulusannya dinilai akan selalu banyak dicari di masa depan.

Bagi calon mahasiswa yang belum tahu ingin mengambil jurusan apa, intip 10 jurusan dengan prospek karier cemerlang di masa datang berikut ini.

1. Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat

Tidak dapat dipungkiri, lulusan Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat akan sangat dibutuhkan di masa datang. Selama manusia ada di muka bumi, maka tenaga kesehatan akan terus dibutuhkan.

Baca juga: Ini Daya Tampung ITB Jalur SBMPTN 2022, Cek Keketatan Jurusan Pilihanmu

Apalagi sejak pandemi Covid-19 ini, sangat banyak dibutuhkan tenaga ahli yang dapat menyelesaikan pandemi ini dan mencegah datangnya pandemi lain di masa depan.

2. Keperawatan

Lulusan dari jurusan Keperawatan juga sangat dibutuhkan di masa depan untuk membantu tugas dokter. Seorang perawat akan belajar cara penanganan pasien yang tugasnya tidak kalah penting dari dokter.

3. Farmasi

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia farmasi dan kesehatan terus menjadi industri yang sangat penting. Tidak heran jika lulusannya pun semakin dibutuhkan. Farmasi pun tidak terbatas hanya pada obat-obatan saja ya, tetapi juga industri kosmetik.

Lulusan Farmasi akan bertugas untuk meracik, menganalisis, dan mengindentifikasi obat-obatan serta kosmetik yang sesuai dengan standar kelayakan kesehatan.

4. Psikologi

Jurusan yang satu ini masih menjadi favorit bagi pendaftar SNMPTN, UTBK SBMPTN, maupun Seleksi Mandiri. Ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia serta gangguan kesehatan mental yang dialami sejatinya tidak hanya mengantarkan lulusannya menjadi HRD atau guru BK saja.

Sebab banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan Psikologi untuk bekerja di bidang lain. Contohnya, profesi UX Researcher yang banyak dicari perusahaan start-up.

“Kenapa sih psikologi banyak dicari?”

Di zaman yang serba kompetitif, setiap perusahaan wajib mengembangkan produk mereka agar memperoleh banyak pelanggan. Peran UX Researcher sangat diperlukan untuk menggali kebutuhan dan mendengar feedback dari konsumen sebuah brand atau produk tertentu. UX Researcher bertanggung jawab untuk melakukan riset terkait perilaku dan pengalaman konsumen saat menggunakan produk.

Selain UX Researcher, profesi Geropsychologist termasuk ke dalam karir yang menjanjikan di tahun mendatang. Fokus utama pekerjaan ini adalah mendengarkan, memahami dan memberikan solusi masalah keluarga.

5. Matematika

Sama seperti di sekolah, di jurusan ini akan banyak bertemu dengan angka dan data, seperti mata kuliah Kalkulus, Aljabar, Geometri dan sebagainya.

Lulusan dari jurusan ini diperkirakan akan terus dibutuhkan di masa datang karena matematika adalah ilmu yang paling mendasar dalam pengolahan big data. Bahkan sejak tahun 2020, telah terjadi kenaikan permintaan profesional di bidang matematika dan diperkirakan akan terus meningkat.

6. Statistika

Meskipun banyak orang yang menganggap jurusan ini menyeramkan, kenyataannya lulusan ini banyak dicari oleh perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan. Bisa dibilang Statistika adalah jurusan yang diperlukan di semua sektor.

Jurusan ini mempelajari cara mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis angka menjadi data atau kata kuncinya adalah big data. Big data adalah kumpulan data kompleks yang diperoleh dari internet, media sosial, dan smartphone yang digunakan untuk kepentingan bisnis.

Namanya juga “big data,” sudah pasti jumlahnya sangat besar. Proses pengolahannya pun rumit dan memerlukan banyak waktu. Oleh sebab itu, diperlukan seseorang yang ahli Statistika untuk mengolah data tadi menjadi sebuah informasi. Dasar-dasar serta alur pengolahan data bakal dipelajari jika masuk jurusan ini.

Mata kuliah yang akan ditemui biasanya terdiri dari Matematika Dasar, Aljabar, Teori Probabilitas, Data Mining, Metode Survei, serta Analisis Regresi dan Multivariat. Kamu juga perlu memahami bahasa pemrograman seperti SQL, Phyton atau R Language.

Saat ini, lulusan Statistika banyak berkarir sebagai Data Scientist. Profesi ini bertanggung jawab untuk memproses dan mengolah big data yang terkumpul di suatu perusahaan.

Setelah diolah, Data Scientist akan menarik kesimpulan. Selain itu, mereka bereksperimen untuk membuktikan saran apa yang cocok diterapkan bagi perkembangan model bisnis perusahaan mereka bekerja.

7. Desain Grafis dan Seni Rupa

Di 2021 ini lulusan Desain Grafis maupun DKV semakin dibutuhkan. Mereka bisa kerja di mana aja, bahkan tanpa terikat kontrak dengan satu perusahaan alias menjadi freelancer. Dengan begini, sumber income yang akan diperoleh menjadi lebih banyak.

Jurusan ini bakal memberikan pemahaman mendalam tentang seni rupa, ilustrasi, visual branding, fotografi, nirmana, sampai tipografi (teknik memilih font huruf). Kumpulan tugas yang dibuat mahasiswa pun dapat dijadikan portofolio untuk memulai karir.

8. Manajemen Bisnis

Di posisi selanjutnya, manajemen bisnis jadi jurusan yang masih dicari di masa depan. Mahasiswa jurusan ini bisa bekerja sebagai Business Development, Project Manager atau menciptakan lapangan kerja sendiri. Tidak perlu khawatir soal prospek karir, karena lulusannya diperlukan hampir di semua sektor industri.

Kuliah Manajemen Bisnis ibarat membangun perusahaan sendiri. Selain membahas teori yang berhubungan dengan bisnis dan finansial, mahasiswanya juga belajar cara menganalisis target pasar (market research), mengembangkan macam-macam model bisnis dan membuat real project.

Salah satu profesi yang bisa dirambah dari jurusan ini adalah Business Development. Seorang Business Development bertanggung jawab untuk menyusun rencana bisnis perusahaan, menjalin relasi dengan klien, serta memahami persaingan antar kompetitor.

9. Teknik Informatika (IT)

Dibalik kecanggihan aplikasi di gawai yang memudahkan kehidupan kita selama ini ada peran lulusan Teknik Informatika. Di prodi ini, terdapat mata kuliah bahasa pemrograman, hitung-hitungan, algoritma komputer, hingga kecerdasan buatan.

Jika menjadi mahasiswa IT, kalian akan memahami proses pembuatan software agar bisa bekerja dengan optimal di ponsel maupun komputer.

Prospek karir jurusan ini banyak ragamnya, mulai dari programmer, web designer, backend developer atau IT Consultant.

10. Cyber security

Pernah dengar berita kebocoran data yang dijual di dark web? Dengan masuk ke jurusan Cyber Security kamu bisa mencegah hal ini terjadi. Dilansir dari laman binus.ac.id, fokus dari jurusan ini adalah menciptakan sistem keamanan pada suatu program yang dibuat di dunia maya. Mahasiswa akan diajarkan cara membangun arsitektur dan teknologi dari pertahanan siber.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1393 seconds (11.210#12.26)