10 Menteri Jokowi Lulusan Amerika, Nomor 5 Dijuluki Bapak Infrastruktur

Selasa, 08 Maret 2022 - 12:33 WIB
loading...
10 Menteri Jokowi Lulusan Amerika, Nomor 5 Dijuluki Bapak Infrastruktur
Suasana pelantikan 6 menteri dan 5 wamen oleh Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin di Istana Negara pada Desember 2020 lalu. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah menteri di kabinet Presiden Joko Widodo tercatat sebagai lulusan dari sejumlah perguruan tinggi di Amerika Serikat. Cek siapa saja mereka dan juga perguruan tinggi yang jadi pilihan studinya.

Indonesia memiliki banyak tokoh-tokoh hebat. Perjalanan kariernya bisa ditelisik mulai dari perjuangan mereka menempuh pendidikan tinggi. Tidak terkecuali para menteri yang membantu Presiden Jokowi di pemerintahan banyak yang merupakan lulusan perguruan tinggi luar negeri. Mulai dari Inggris hingga Amerika serikat.

Berikut ini sejumlah menteri di kabinet Presiden Joko Widodo yang pernah mengenyam pendidikan tinggi di Amerika Serikat yang dirangkum dari laman kementerian masing-masing.

1. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Melansir laman Kemenko bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut mengikuti pendidikan di George Washington University, Washington, D.C, Amerika Serikat untuk meraih gelar Masters in Public Administration. Luhut juga pernah menempuh pendidikan di National Defense University, Amerika Serikat.

Baca: Masih Pandemi, DPR Harap Kemendikbudristek Beri Keleluasaan Soal Kurikulum

2. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Melansir laman Kemenkeu, setelah memperoleh gelar sarjana Ekonomi di Universitas Indonesia, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini melanjutkan pendidikannya di University of Illinois at Urbana Champaign, Amerika Serikat dan mendapatkan gelar Master of Science of Policy Economics pada 1990. Setelah itu ia mendapatkan gelar Ph.D. in Economics pada 1992.

3. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

Melansir laman Kementerian BUMN, Erick yang lahir pada 30 Mei 1970 ini meraih Bachelor or Arts dari Glendale University pada 1991. Selanjutnya, Erick menyelesaikan gelar Master of Business Administration dari National University of California pada 1993.

4. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1954 seconds (11.97#12.26)