Pendidikan Antikorupsi Jadi Mata Pelajaran SMA/SMK Sederajat di Jabar

Rabu, 09 Maret 2022 - 14:11 WIB
loading...
Pendidikan Antikorupsi Jadi Mata Pelajaran SMA/SMK Sederajat di Jabar
Kurikulum Pendidikan antikorupsi di sekolah tingkat SMA dan sederajat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dinas Pendidikan ( Disdik ) Jawa Barat menjadikan Pendidikan Antikorupsi menjadi salah satu mata pelajaran di tingkat SMA/SMK/sederajat.

Kepala Disdik Jabar, Dedi Supandi mengatakan, gerakan antikorupsi perlu dilakukan sejak dini oleh masyarakat, terutama siswa SMA, SMK, dan SLB.



Oleh karenanya, lanjut Dedi, pihaknya membuat gerakan antikorupsi sejak dini melalui pendidikan antikorupsi sebagai pendidikan karakter di Jabar.

"Isu antikorupsi menjadi salah satu yang dibahas dalam Presidensi G20 Indonesia 2022. Ini menjadi momentum dibentuknya komitmen bersama memberantas korupsi secara global," kata Dedi di Bandung, Rabu (9/3/2022).

Dedi menyebut, karakter adalah watak, perilaku, dan budi pekerti yang menjadi ruh dalam pendidikan. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik).



"Melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga tersebut, diharapkan dapat mengubah sosok pribadi bangsa Indonesia dalam cara berpikir, cara bertindak, dan berperilaku menjadi lebih baik dan berintegritas," jelasnya.

Selain itu, penguatan pendidikan karakter di Jabar juga dikembangkan melalui pembiasaan nilai-nilai karakter kearifan lokal dalam program Jabar Masagi.

Masagi, kata Dedi, merupakan filosofi masyarakat Jabar yang berarti manusia utuh, baik dari segi rasa, karsa, raga, maupun cipta atau manusia yang surti, harti, bukti, dan bakti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2323 seconds (0.1#10.140)