Cegah Penularan Covid-19, Unpad akan Gelar Wisuda Secara Hybrid

Rabu, 09 Maret 2022 - 14:26 WIB
loading...
Cegah Penularan Covid-19, Unpad akan Gelar Wisuda Secara Hybrid
Universitas Padjajaran (Unpad). Foto/Dok/Unpad
A A A
JAKARTA - Universitas Padjadjaran ( Unpad ) akan melaksanakan Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2021/2022 pada Selasa (22/3/2022) hingga Jumat (25/3/2022). Wisuda digelar secara hybrid, atau kombinasi luring dan daring. Untuk lokasi wisuda luring akan dilaksanakan di kampus Jatinangor.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita mengatakan, wisuda kali ini merupakan wisuda khusus. Dikatakan khusus, karena pelaksanaan wisuda tidak sesuai dengan apa yang selama ini dijalankan di Unpad.

Prof. Arief menjelaskan, Unpad berkomitmen untuk memulai kembali wisuda secara luring. Selama pandemi Covid-19, Unpad melaksanakan wisuda secara daring yang disiarkan secara langsung dari Grha Sanusi Hardjadinata Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung.

“Karena kita mulai uji coba luring, maka kita pilih tempat yang paling aman,” ujarnya melansir laman resmi Unpad, Rabu (9/3/2022).

Baca: Pendidikan Antikorupsi Jadi Mata Pelajaran SMA/SMK Sederajat di Jabar

Kampus Jatinangor dipilih sebagai lokasi perdana wisuda luring. Hal ini disebabkan wilayah Jatinangor yang masuk Kabupaten Sumedang berada pada level PPKM yang lebih rendah dari Kota Bandung. Oleh karena itu, kampus Jatinangor menjadi pertimbangan utama sebagai tempat pelaksanaan wisuda secara luring.

Pertimbangan lainnya fasilitas di kampus Jatinangor lebih luas, sehingga penyelenggara lebih memungkinkan menerapkan protokol kesehatan lebih baik. Selain itu, aktivitas masyarakat di kampus Jatinangor lebih mudah dibatasi, sehingga dapat menghindarkan penumpukan manusia.

“Yang lebih penting kita tetap berusaha memprioritaskan keselamatan wisudawan dan orang tuanya. Satu sisi, kita ingin memberikan pengalaman wisuda lebih baik, di sisi lain keamanannya juga harus baik,” jelasnya.

Adapun lokasi pelaksanaan wisuda luring dipastikan tidak akan menggunakan gedung atau ruangan tertutup. Lokasi wisuda dirancang semi-terbuka agar sirkulasi udara lebih baik. Hal ini bertujuan untuk memperkecil risiko transmisi penularan penyakit.

“Kita tetap kondisikan supaya lingkungan sekitar lokasi wisuda tetap clear, tidak ada orang yang tidak berkepentingan dapat masuk,” kata Prof. Arief.

Kendati demikian, kata Prof. Arief, Unpad tetap memastikan bahwa pelaksanaan wisuda luring sekarang tetap khidmat layaknya wisuda luring pada umumnya. Wisudawan yang mengikuti prosesi secara luring tetap akan dipanggil untuk maju ke podium dan melakukan salam jarak jauh bersama Rektor dan pimpinan fakultas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)