Sempat Kerja di Kios Fotokopi, Mahasiswa Universitas Jember Jadi Sarjana Berkat KIP Kuliah

Kamis, 10 Maret 2022 - 13:03 WIB
loading...
Sempat Kerja di Kios Fotokopi, Mahasiswa Universitas Jember Jadi Sarjana Berkat KIP Kuliah
Mahasiswa Universitas Jember Ervian Akbarsyah Mahendra ketika wisuda. Foto/Tangkap layar laman UNEJ
A A A
JAKARTA - Upacara wisuda selalu membawa kisah bahagia sekaligus haru. Sudah pasti bahagia karena berhasil menyelesaikan kuliah , tapi ada juga yang terharu karena sudah sukses melampaui perkuliahan melalui perjuangan berat.

Seperti yang dirasakan oleh Ervian Akbarsyah Mahendra, lulusan dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember pada wisuda Universitas Jember periode III tahun akademik 2021/2022 yang digelar secara hibrid.

Ervian patut bersyukur sebab jalannya meraih titel Sarjana Komputer dengan IPK 3,85 dilalui dengan penuh tantangan. Betapa tidak, awalnya Ervian tak punya niatan kuliah mengingat kondisi keluarganya yang tergolong kurang mampu, sang ayah Masrur hanya supir panggilan. Namun berkat beasiswa Bidik Misi yang kini berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah), hidup Ervian berubah.

Ceritanya, menjelang lulus sekolah saat duduk di kelas dua belas di SMA Islam Lumajang, Ervian memutuskan bekerja di sebuah kios fotokopi dan penjilidan Syakira di daerah Tompokersan, Lumajang, untuk membantu ekonomi keluarganya.

Baca: Kunker ke Tarakan, Nadiem Bermalam di Rumah Guru dan Sambangi Murid TK

Bekerja di jasa fotokopi dan penjilidan membuat anak pertama pasangan Masrur dan Verawati ini mau tak mau berurusan dengan perangkat komputer serta jasa mendesain secara otodidak. Dari semula yang keharusan pekerjaan akhirnya menjadi keasyikan.

Sedikit demi sedikit Ervian menemukan minatnya di dunia komputer. Apalagi beberapa pelanggan kiosnya yang mayoritas mahasiswa sering berdiskusi dengannya mengenai perkembangan dunia komputer dan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang membuatnya makin berminat kuliah di bidang komputer. Namun persoalan biaya menghadangnya.

Hingga suatu saat jalan hidup Ervian berubah. Ervian bertemu dengan salah satu pelanggannya yang menyarankan kuliah dengan beasiswa Bidik Misi. “Dorongan semangat dari bapak tersebut yang akhirnya membuat saya memutuskan untuk kuliah apalagi saat itu pendaftaran SBMPTN 2017 masih dibuka,” katanya melansir laman Universitas Jember, Kamis (10/3/2022).

Beruntung pihak sekolahnya di SMA Islam Lumajang memberikan dukungan dengan turut mendaftarkan namanya sebagai calon penerima beasiswa Bidik Misi. Dia pun meminta restu ke kedua orang tuanya untuk kuliah dan memutuskan mendaftar ke Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember.

Ervian resmi menjadi mahasiswa Universitas Jember angkatan 2017 dengan beasiswa Bidik Misi, yang kini berubah menjadi KIP-K. Dia pun aktif dalam organisasi kemahasiswaan, serta mengikuti banyak kegiatan dan lomba untuk mengembangkan kemampuannya. Di sela-sela kesibukan perkuliahan dirinya bekerja paruh waktu untuk menambah uang saku.

“Wah sudah banyak pekerjaan yang saya jalani, dari menjadi pegawai di usaha makanan ringan, karyawan kafe, menyediakan jasa perlengkapan kuliah, ikut event organizer, bikin katalog kuliner hingga memberi les komputer di sebuah sekolah dasar di Jember. Pokoknya halal dan memberikan pemasukan maka saya jalani sehingga tak perlu minta uang ke orang tua,” ungkap Ervian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3030 seconds (0.1#10.140)