Calon Mahasiswa, Cek Peluang Lulusan Geomatika untuk Berkarier di Pemetaan Kelautan

Rabu, 16 Maret 2022 - 11:24 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Cek Peluang Lulusan Geomatika untuk Berkarier di Pemetaan Kelautan
Peluang lulusan geomatika untuk berkarier di pemetaan kelautan. Foto/Tangkap layar laman ITS.
A A A
JAKARTA - Kondisi geografis Indonesia yang memiliki banyak pulau menuai keuntungan dengan melimpahnya sumber daya alam . Tapi sebaliknya juga membawa tantangan, khususnya di bidang pemetaan wilayah. Disinilah, keahlian lulusan Teknik Geomatika menjadi esensial untuk menghadapi tantangan tersebut.

Dengan luas wilayah lautan sekitar 325 juta hektar menjadikan pemetaan kelautan Indonesia menjadi sebuah perhatian. Pemetaan kelautan sendiri erat kaitannya dengan navigasi, riset, dan upaya menjaga keseimbangan lingkungan. Hanna Anie SR Soebari, seorang surveyor bidang hidrografi mengungkapkan, fungsi pemetaan kelautan lainnya adalah untuk eksplorasi dan eksploitasi kelautan.

Baca: Inspiratif! Mahasiswa UP Terangi Dusun Terisolir dengan Panel Surya

Hal tersebut merupakan kesempatan emas bagi lulusan Teknik Geomatika untuk mengambil peran penting. Data kelautan seperti halnya gelombang tsunami, sirkulasi laut, ataupun potensi energi laut merupakan santapan empuk lulusan Teknik Geomatika dalam merancang metode pemodelan.

Sebagai bagian dari lulusan Teknik Geomatika ITS, Hanna optimis akan peluang karir surveyor pada bidang kelautan di masa depan. “Tidak hanya sukses di darat, tetapi juga berjaya di lautan,” tuturnya mengutip laman resmi ITS, Rabu (16/3/2022).

Mengenai permasalahan gender dalam peluang karier di dunia internasional, surveyor Gardline Limited ini justru mengaku diuntungkan dengan gendernya sebagai perempuan. Ia berpendapat, peluang perempuan menjadi surveyor di kancah internasional lebih terbuka karena adanya kampanye kesetaraan gender. “Tinggal membuktikan kompetensi dan kemampuan kita sebagai surveyor, harus proving!” ucapnya memberi semangat.

Baca juga: Tak Miliki Ruang Kelas, Puluhan Siswa SD Belajar di Lantai dan Rumah Guru

Dengan peluang karier yang cemerlang tersebut, Hanna mengapresiasi Departemen Teknik Geomatika ITS yang senantiasa memperbarui pengetahuan dan teori yang diajarkan sehingga mahasiswa bisa mengaplikasikan keilmuannya di lapangan dan siap berkarier di dunia kerja nantinya.

“Peluang tersebut berkaitan dengan keberuntungan yang merupakan pertemuan dari kesiapan dan kesempatan,” ujar perempuan yang telah menekuni bidang kariernya sebagai surveyor sejak 2019 ini.

Oleh karena itu, Hanna sangat mendukung mahasiswa yang senantiasa mengambil peluang tersebut. Baginya, tidak masalah jika memulai karier sebagai surveyor selangkah demi selangkah dari perusahaan kecil karena apapun peranannya, semua akan berguna bagi perjalanan kariernya.

“Karena semua pengalaman akan mengantarkan kita ke suatu titik (kesuksesan, red),” pungkasnya berpesan dalam kuliah tamu bertajuk Aplikasi Keilmuan Geomatika dalam Ocean Mapping dan Dredging Survey tersebut.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3768 seconds (0.1#10.140)