Kisah Anis, Mahasiswi UNS yang Berhasil Masuk University of Edinburgh dengan IISMA

Rabu, 16 Maret 2022 - 12:08 WIB
loading...
Kisah Anis, Mahasiswi UNS yang Berhasil Masuk University of Edinburgh dengan IISMA
Mahasiswi UNS Anis Sofia Harjanti yang lolos program IISMA ke University of Edinburgh. Foto/Tangkap layar laman UNS.
A A A
JAKARTA - Indonesian International Student Mobility Awards ( IISMA ) adalah salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek yang sudah dibuka sejak 2021. Program ini menawarkan kesempatan belajar selama satu semester di perguruan tinggi terkemuka di luar negeri.

Saat pertama kali program IISMA dibuka, sebanyak 22 mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta berhasil lolos program ini. Salah satunya mahasiswi Fakultas Kedokteran (FK) UNS, Program Studi (Prodi) Kedokteran, Anis Sofia Harjanti.

Anis lolos ke University of Edinburgh (UoE), Edinburgh, Scotland, United Kingdom. Mahasiswa UNS ini adalah menjadi visiting student di College of Arts, Humanities, and Social Sciences, dan School of Health in Social Science.

Keinginan Anis untuk bisa mendapatkan pengalaman ke luar negeri, diakuinya sudah ada sejak 2020. Berbagai macam kegiatan di tingkat internasional sudah ia coba ikuti. Meski beberapa kali sempat mengalami kegagalan, tidak jadi berangkat, mendapatkan pembatalan, namun Anis pantang menyerah.

Baca: Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022 Dibuka, Cek Syaratnya

“Tahun 2021 awal, aku lihat program IISMA di MBKM. Lalu aku cari tahu dan takjub karena kesempatan yang diberikan lewat program ini melebihi ekspektasi yang aku harapkan. Menurutku IISMA one hold package for everything untuk program seperti student exchange. Karena ini, aku nggak bisa untuk tidak mencoba mendaftar IISMA,” katanya mengutip laman resmi UNS, Rabu (16/3/2022).

Anis mengungkapkan, setelah program IISMA diluncurkan ia segera mempersiapkan aplikasi yang dibutuhkan. Anis mengakui sempat kesulitan karena terbatasnya peredaran informasi terlebih belum adanya gambaran dari angkatan sebelumnya. Karena saat itu Anis menjadi awardee Batch 1 dari program IISMA.

“Jadi, hanya bergantung pada kanal informasi resmi IISMA. Seingatku cukup banyak hal yang bikin deg-degan. Terkadang infonya mendadak dan berubah-ubah,” lanjut Anis.

Tips Anis Bisa Tembus IISMA

Menurut Anis, yang harus dipersiapkan yakni research sebanyak-banyaknya tentang program IISMA. Karena ini langkah paling dasar untuk bisa mengenal lebih jauh dengan IISMA. Kemudian persiapkan dengan matang untuk bisa menjadi awardee IISMA. “Berikan usaha terbaik dan do extramiles di setiap aplikasi pendaftaran kalian,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3496 seconds (0.1#10.140)