Calon Mahasiswa, Kenali Jurusan Sastra Korea dan Peluang Kariernya yang Menarik

Rabu, 16 Maret 2022 - 15:58 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Kenali Jurusan Sastra Korea dan Peluang Kariernya yang Menarik
Jurusan Sastra Korea memiliki peluang karier yang menarik. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Tren Korean Wave di Tanah Air masih kuat hingga sekarang. Popularitas Korea Selatan pun meningkat, membuat penyuka tren negeri Gingseng tersebut mengulik lebih dalam negara asal para idolanya. Hal ini pun berimbas pada minat para pelajar pada Jurusan Sastra Korea.

Jurusan Sastra Korea akan membahas lebih dalam mengenai seluk-beluk budaya Korea Selatan. Subjek utama yang akan dipelajari adalah bahasa, mulai dari cara bicara, dialek, mendengar, membaca, hingga menulis.

Tidak hanya itu, mahasiswa pun akan belajar linguistik, fonetik, fonologi, dan kesusastraan Korea. Mahasiswa jurusan ini juga akan mempelajari budaya dan sejarah Korea yang sudah ada sejak 4.000 tahun lalu.

Melansir laman resmi Ruangguru, berbagai macam mata kuliah akan dipelajari di Jurusan Sastra Korea. Mulai dari Bacaan Bahasa Korea, Pengantar Sejarah Korea, Hanja, Percakapan Bahasa Korea, hingga Terjemahan Korea-Indonesia, dan sebaliknya.

Yang lebih menarik, mahasiswa juga akan diajak belajar wisata di Korea melalui kuliah Korean Tourism. Mereka juga akan belajar komunikasi bisnis di Korea melalui kuliah Bahasa Korea Bisnis dan Korespondensi.

Kalau soal belajar Sejarah Korea, mahasiswa Jurusan Sastra Korea akan diajak mengulas legenda Dangun yang sudah terjadi sekitar 4.000 tahun yang lalu. Lebih lanjut, Sejarah Korea Modern juga akan dipelajari mulai era dinasti Joseon hingga penjajahan Jepang.

Baca: IPB Jadi PTN BH Terbaik Kategori Nilai Kinerja Anggaran Versi Kemendikbudristek

Di Jurusan Sastra Korea, mata kuliah Bahasa Korea disebut dengan Hangukeo. Pada mata kuliah ini, Hangukeo akan dibagi menjadi Hangukeo satu hingga enam, masing-masing per semester.

Hangukeo dibagi menjadi empat aspek pembelajaran, yaitu Malhagi (berbicara), Deudgi (mendengar), Munbeob (tata bahasa), dan Sseugi (menulis).

Bagi yang suka drama dan series akan ada mata kuliah Pengkajian Drama Korea. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan diminta menonton drama atau film dan kemudian membuat review per minggunya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)