Pejuang Beasiswa, Ini 5 Tips Menulis Personal Statement

Kamis, 17 Maret 2022 - 15:16 WIB
loading...
Pejuang Beasiswa, Ini 5 Tips Menulis Personal Statement
5 tips menulis personal statement. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Personal statement menjadi salah satu dokumen penting dalam menentukan lolos tidaknya dalam seleksi penerimaan beasiswa . Sederhananya, personal statement adalah esai berisi perkenalan diri yang bisa menjadi bahan penilaian dan pertimbangan bagi penyeleksi beasiswa mengenai diri pelamar.

Perlu diketahui, personal statement itu berbeda dengan motivation letter. Kalau motivation letter lebih menonjolkan motivasi dan rencana di masa depan. Sedangkan personal statement lebih merujuk kepada personal, lebih fokus menceritakan pengalaman-pengalaman yang pernah dimiliki sebelumnya.

Apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam sebuah personal statement? Universities and Colleges Admissions Service (UCAS) Inggris menyebutkan beberapa hal, yakni:

Baca: Pendaftaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Dibuka Hari Ini, Cek Syarat dan Cara Daftar

1. Bidang yang menarik minat beserta alasannya
2. Kegiatan yang menunjukkan ketertarikan terhadap bidang tersebut
3. Pengalaman kerja, organisasi, kepanitiaan, atau volunteer
4. Prestasi dan penghargaan
5. Kegiatan pelatihan untuk skill yang relevan dengan bidang yang diambil

Setelah mengetahui bagian penting dari personal statement, berikut ini lima tips jitu menulis personal statement untuk mendaftar beasiswa yang perlu pejuang beasiswa ketahui mengutip dari laman resmi Schoters.

1. Riset dan persiapan

Lakukan riset atau pendalaman terhadap jurusan , universitas, dan negara yang akan dituju. Identifikasi kualifikasi, fakta menarik, atau hal-hal penting lain seputar jurusan, universitas, dan negara tersebut.

Selanjutnya, buat daftar mengenai pengalaman-pengalaman baik itu pengalaman kerja, organisasi, kepanitiaan, volunteer, penghargaan, pelatihan maupun kegiatan lainnya.

Identifikasi pengalaman-pengalaman terbaik yang relevan dengan hasil riset sebelumnya. Jumlah kata dalam sebuah personal statement umumnya dibatasi jadi pastikan efektif dalam menulis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)