Prospek Kerja Lulusan Ilmu Pemerintahan, Penghasilan Bisa Capai Rp40 Juta per Bulan

Kamis, 17 Maret 2022 - 18:19 WIB
loading...
Prospek Kerja Lulusan Ilmu Pemerintahan, Penghasilan Bisa Capai Rp40 Juta per Bulan
Mahasiswa ilmu pemerintahan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Para calon mahasiswa harus memahami prospek kerja ilmu pemerintahan sebelum mendaftar perguruan tinggi. Sebab, selain bisa membawa negara menjadi lebih baik, lulusan ilmu pemerintahan bisa mendapatkan penghasilan Rp40 Juta per bulan.

Jurusan ilmu pemerintahan umumnya berada dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jurusan tersebut memberikan pendidikan mengenai ilmu pemerintahan beserta seluk beluknya. Biasanya lulusan pemerintahan akan bekerja di bidang pemerintahan dan memiliki propsek kerja yang menjanjikan.



Berikut prospek kerja ilmu pemerintahan dilansir dari Renesia :

1. Staf Atau Anggota Legislatif

Prospek kerja ilmu pemerintahan sangat memungkinkan lulusanya menjadi anggota legislatif daerah atau pun nasional. Dengan fasilitas yang terkenal mewah, anggota legislatif juga memiliki pendapatan hingga Rp40 Juta per bulan.

2. Aparat Pemerintah

Apabila tidak ingin menjadi legislatif dalam pemerintahan, propek kerja lulusan ilmu pemerintahan juga bisa menjadi aparat pemerintahan atau eksekutif. Meski penghasilanya tidak langsung sebesar legislatif, namun aparat pemerintahan memiliki kewenangan kebijakan pemerintah, memberikan solusi dari pemerintah untuk keluhan rakyat. Gaji yang didapatkan untuk profesi ini adalah total Gaji Pokok plus tunjangan sekitar Rp5 juta per bulan.

3. Konsultan Pemerintahan

Prospek kerja ilmu pemerintahan berikutnya adalah menjadi konsultan pemerintah. Tugasnya adalah merumuskan strategi dan memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi. Besaran gaji yang didapatkan perbulan mencapai Rp10 Juta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)