Ini 5 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA yang Malas Menghitung, Nomor 4 Paling Diburu

Minggu, 20 Maret 2022 - 05:15 WIB
loading...
Ini 5 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA yang Malas Menghitung, Nomor 4 Paling Diburu
Jurusan Teknik Lingkungan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan IPA terkenal dengan banyaknya pelajaran hitung-menghitung. Namun, sebagian anak IPA rupanya ada yang tidak menyukai berhitung. Hal ini membuat mereka tak segan-segan berpindah ke rumpun ilmu soshum saat memilih jurusan di kuliah.

Mungkin tak banyak yang tahu, di rumpun saintek pun ada jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA yang malas menghitung.



Berikut daftar jurusan kuliah untuk anak IPA yang malas menghitung:

1. Teknik Lingkungan

Jurusan ini mempelajari tentang pengelolaan limbah, tindakan kuratif dan preventif untuk menyelamatkan lingkungan hidup. Pengelolaan lingkungan tersebut dilakukan melalui pendekatan rekayasa teknik.

Beberapa mata kuliah yang diajarkan ialah kesehatan lingkungan, rekayasa dan proses biologi, pencemaran tanah dan pengelolaan sumber daya air. Kampus-kampus yang terdapat jurusan ini di antaranya Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang, dan Universitas Pelita Bangsa.

2. Akuakultur (Budidaya Perairan)

Jurusan akuakultur mempelajari tentang penangkaran, pemeliharaan dan pengembangbiakan biota laut. Hal yang dipelajari antara lain mengenai manajemen kesehatan ikan, bioteknologi akuakultur dan pengembangan industri perikanan. Beberapa mata kuliah yang akan didapatkan ialah limnologi, akuariologi, biota laut dan manajemen kualitas air.

Universitas Soedirman, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Gadjah Mada merupakan perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini. Prospek kerja jurusan akukultur di antaranya menjadi teknisi konservasi lingkungan, peneliti bioteknologi, dan research and development.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)