Tingkatkan Kompetensi SDM, Kemendikbudristek Gelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional

Senin, 21 Maret 2022 - 18:30 WIB
loading...
Tingkatkan Kompetensi SDM, Kemendikbudristek Gelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional
Sesjen Kemendikbudristek Suharti. Foto/Dok/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Kompetensi kepemimpinan strategis diperlukan guna menjamin akuntabilitas jabatan yang diemban para pejabat negara terus didorong Kemendikbudristek . Salah satunya dengan menggelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II 2022.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti mengatakan, para pemimpin di berbagai organisasi pemerintahan tidak lagi dapat bekerja sendiri-sendiri dengan batasan dinding penyekat dalam menyelesaikan masalah pendidikan , kebudayaan, riset, dan teknologi yang dihadapi Indonesia.

Suharti mengungkapkan, kolaborasi untuk menemukan solusi penting dilakukan. Ia juga menekankan, penyusunan rencana strategis membutuhkan kemampuan pemimpin yang benar-benar menguasai masalah, perencanaan, dan adaptasi dengan situasi yang makin menantang.

“PKN II didesain untuk mencetak para pejabat tinggi pratama agar memiliki kemampuan manajerial dan menjunjung tinggi tugas dengan nilai-nilai akuntabilitas," katanya melalui siaran pers, Senin (21/3/2022).

Baca: Catat, Ini 4 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL

Dia melanjutkan, salah satu cita-cita bangsa Indonesia adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. “Kita perlu memastikan seluruh warga negara bisa menjadi SDM yang unggul. Dengan melakukan PKN hari ini diharapkan dapat mewujudkan hal tersebut,” pesan Sesjen Suharti.

Suharti juga berpesan agar para peserta yang berasal dari berbagai lembaga perguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbudristek dan instansi-instansi lainnya agar membuka jejaring dan pertemanan untuk kolaborasi.

“Potensi kerja sama Bapak/ Ibu ini luar biasa, saya pastikan itu. Manfaat lain dari PKN adalah pertemanan yang terjalin. Jadi, ikutilah PKN ini dengan baik. Banyak masalah yang dapat kita pecahkan bersama karena berdiskusi dengan teman kita,” tuturnya.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemendikbudristek Amurwani Dwi Lestariningsih mengungkapkan, PKN Tingkat II bertujuan mengembangkan kompetensi peserta supaya bisa memenuhi standar kompetensi manajerial Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama.

Baca juga: Kisah Magang Mahasiswa Unair dan Manfaat yang Didapat

Ditambahkan Amurwani, Pusdiklat merespons isu-isu strategis aktual dalam merumuskan pelatihan. “Khususnya terkait G20, di mana pandemi merupakan momen langka untuk transformasi dunia menjadi lebih baik. Dengan semangat pulih bersama serta berkolaborasi mewujudkan Merdeka Belajar, maka semangat PKN juga mengacu pada hal tersebut,” tuturnya.

Amuwarni melanjutkan, sub tema yang diusung PKN II adalah peningkatan kualitas pendidikan yang merata pada masa dan pasca COVID 19. Kemudian, peningkatan kualitas akses pendidikan melalui teknologi digital, peningkatan gotong royong, dan solidaritas untuk mengatasi learning loss, penyiapan SDM dalam menghadapi perubahan dunia kerja pasca Covid-19, dan pengarusutamaan pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan dalam pendidikan.

PKN Tingkat II 2022 dilaksanakan secara hibrida di Gedung Garuda Pusdiklat Kemendikbudristek. Sekaligus disiarkan langsung pada kanal YouTube resmi Pusdiklat Kemendikbudristek. PKN Tingkat II 2022 dimulai sejak 21 Maret hingga 29 Juli mendatang.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5005 seconds (0.1#10.140)