Singkirkan 22 Negara, Tim Riset MAN 1 Kuansing Juara Ajang Sains International

Senin, 21 Maret 2022 - 21:18 WIB
loading...
Singkirkan 22 Negara, Tim Riset MAN 1 Kuansing Juara Ajang Sains International
Tim Riset MAN 1 Kuansing meraih emas atau Gold Medal for Engineering Category Youth International Science Fair (YISF). Foto/Dok/MAN 1 Kuansing
A A A
JAKARTA - Tim Riset Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 1 Kuantan Singingi (Kuansing) kembali menoreh prestasi dengan meraih medali emas atau Gold Medal for Engineering Category Youth International Science Fair (YISF).

Tim Riset MAN Kuansing memaparkan karya WATERCARE. Yaitu, device system monitoring quality of water base on Internet of Things. Hasil riset ini mendapatkan Penghargaan Malaysia Young Scientist Organization (MYSO) Special Award dan menjadi The Best High School Team YISF 2022 . Dengan capaian tersebut, tim mendapat beasiswa full sampai tamat dari Universitas Dian Nuswantoro.



Hal tersebut berdasarkan keputusan dewan juri yang disampaikan pada Awarding Ceremony, Kamis (17/3) di Gedung Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang Jawa Tengah.

Kepala MAN 1 Kuantan Singingi Suhelmon mengatakan, YISF 2022 merupakan kompetisi kreativitas antar siswa mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maupun sederajat, hingga perguruan tinggi.

Tujuan kompetisi ini untuk menjadi tempat yang tepat bagi peneliti- peneliti muda dalam mengevaluasi ide dan karya yang telah diproduksi.



Tahun 2022, ajang ini diikuti oleh 459 Tim dari 22 Negara yaitu Thailand, Philipina, Turkey, Romania, UAE, Khazakstan, Srilanka, USA, Taiwan, Malaysia, Indonesia, Meksiko, Hongkong, Serbia, Brasil, Korea Selatan, Poerto Rico, Vietnam, Macedonia, Russiq, dan Azerbaijan.

Ada pun Tim Riset MAN 1 Kuantan Singingi yang berhasil meraih Gold Medal yaitu Alif Abdillah, Gavran Ziksan, Mayes Govy Haeva, dan Widi Aminarti. Mereka bekerja di bawah bimbingan M Solikin dan didukung penuh dari Madrasah.

Pemenang YISF jenjang SMA, SMK, maupun sederajat berkesempatan mendapatkan beasiswa dari Udinus di seluruh program studi yang berada di Udinus. Beasiswa 100% untuk peraih medali emas, 75% untuk medali perak, dan 50% untuk medali perunggu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)