6 Alasan Pentingnya Skill Komunikasi untuk Meningkatkan Karier di Dunia Kerja

Selasa, 22 Maret 2022 - 17:52 WIB
loading...
6 Alasan Pentingnya Skill Komunikasi untuk Meningkatkan Karier di Dunia Kerja
Komunikasi sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam setiap aspek kehidupan, tidak terkecuali dunia kerja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebagai makhluk sosial, manusia sepanjang sejarah tidak bisa terpisah dari pengaruh manusia lainnya. Semandiri apa pun karakter yang dimiliki seseorang, disadari atau tidak, dia akan tetap membutuhkan orang lain dalam hidup.

Sama halnya di dunia kerja , seorang pegawai tidak mungkin melakukan semua pekerjaannya seorang diri. Kerja sama dalam tim tentu dibutuhkan karena dinamika dunia kerja tidak bisa—dan memang tidak seharusnya—dihadapi seorang diri.

Baca juga: Mau Berkarier di Bank Indonesia? Catat 5 Kriterianya

Menjalin hubungan baik dengan lingkungan kerja, mulai dari atasan sampai rekan seperjuangan bisa menjadi sarana untuk meningkatkan karier seseorang. Maka dari itu skill komunikasi penting dimiliki oleh seorang pekerja di bidang apa pun.

Skill komunikasi adalah kemampuan seseorang dalam melakukan komunikasi secara efektif, menarik, memberi dampak, dan tentunya menyenangkan.

Jika kita menilik sejarahnya, asal usul ilmu komunikasi sendiri sudah ada sejak zaman Yunani kuno yang digagas Aristoteles. Pada gagasan Aristoteles tersebut disebutkan bahwa di dalam komunikasi ada tiga unsur penting; komunikator, pesan dan penerima. Sampai pada era modern pun tetap berlaku demikian, dan berlaku untuk berbagai bidang.

Baca juga: SBMPTN 2022, Ini Materi UTBK yang Harus Diketahui

Komunikasi sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam setiap aspek kehidupan, tidak terkecuali dunia kerja. Apabila Anda menginginkan percepatan karier maka milikilah kemampuan komunikasi yang baik.

Poin apa saja yang menjadi alasan mengapa skill komunikasi penting untuk meningkatkan karier?

1. Sarana Bertukar Informasi dengan Rekan Kerja
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2571 seconds (11.210#12.26)