250 Santri dan Pelajar Ikuti MHQH 2022, Kemenag: Barengi dengan Pengamalan

Rabu, 23 Maret 2022 - 08:02 WIB
loading...
250 Santri dan Pelajar Ikuti MHQH 2022, Kemenag: Barengi dengan Pengamalan
Sebanyak 250 santri dan pelajar mengikuti MHQH Pangeran Abdul Aziz Alu Suud Tingkat Nasional ke-14 Tahun 2022. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin menyambut baik meningkatnya minat santri dan pelajar yang mengikuti Musabaqah Hafalan Al-Qur'an dan Al-Hadits ( MHQH ) Pangeran Abdul Aziz Alu Su'ud Tingkat Nasional ke-14 Tahun 2022.

Dirjen berharap, naiknya minat santri dan pelajar dibarengi dengan semangat mengamalkan nilai Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.



"Saya berharap naiknya angka partisipasi masyarakat mengikuti kegiatan ini dibarengi dengan meningkatnya perhatian umat Islam, terutama santri dan pelajar muslim untuk tekun membaca, mempelajari, dan mengamalkan Al-Qur'an dan Al-Hadits," ungkap Dirjen saat membuka MHQH Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su'ud ke-14 di Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Al-Qur'an dan Al-Hadits, lanjut Dirjen, merupakan fondasi kehidupan masyarakat Muslim. Dirjen berharap, musabaqah secara efektif mendekatkan masyarakat dengan Al-Qur'an.

"Salah satu peran strategis yang perlu dilakukan secara optimal oleh para ulama dan pemimpin umat adalah mendekatkan umat Islam dan memberikan pemahaman yang baik terhadap Al-Quran dan Al-Hadits. Keduanya memiliki posisi yang penting dan mulia dalam kehidupan umat Islam," tambah Dirjen.



Dalam kegiatan yang merupakan kerja sama antara Kemenag RI dengan Kantor Atase Agama Kedubes Arab Saudi ini, Dirjen berharap hubungan kedua negara akan semakin erat dan meningkat ke berbagai bidang kehidupan.

"Semoga kerja sama tetap terjalin dan dapat ditingkatkan pada bidang lain demi mempererat hubungan antara kedua negara. Semoga kerja sama kedua negara memberikan kontribusi terhadap pemahaman keagamaan yang baik kepada masyarakat muslim Indonesia," pungkas Dirjen.

Sebagai informasi, jumlah pendaftar dalam musabaqah tahunan ini sebanyak 1.124 peserta. Panita melakukan verifikasi dan penyaringan ketat hingga terpilih 250 peserta yang akan bermusabaqah pada Selasa-Jumat, 22-25 Maret 2022.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)