Mahasiswa Wajib Tahu, UNS Buka Prodi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok

Rabu, 23 Maret 2022 - 11:17 WIB
loading...
Mahasiswa Wajib Tahu, UNS Buka Prodi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta terus mengembangkan program studi baru yang dibutuhkan di tengah masyarakat. Kali ini UNS resmi membuka Program Studi (Prodi) S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ahmad Yunus mewakili Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho pada pembukaan prodi yang digelar secara hybrid ini mengatakan selamat atas dibukanya Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok.

“Dalam hal ini, kami melihat keseriusan yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dalam upaya pendiriannya. Ini bukan pekerjaan yang mudah, perlu waktu lama, kerja sama tim, dan ketelatenan dalam pengerjaannya. Dan tentu saja kami sangat mengapresiasi hasil kerja tuntas dan capaian ini,” katanya mengutip laman resmi UNS, Rabu (23/3/2022).

Baca: Tugas Quality Control Makanan di Pabrik, Peluang Kerja Luas dan Gaji Tinggi

Prof. Yunus menambahkan, berdirinya Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok, menjadi langkah strategis dalam upaya mendukung program Pemerintah Indonesia dengan Tiongkok untuk memajukan kerja sama di berbagai bidang. Terutama di bidang ekonomi, sosial, pendidikan, pariwisata, dan kebudayaan.

Prodi ini diharapkan mampu melahirkan para lulusan yang unggul, handal dan kompeten dalam bidangnya. Dengan pendekatan yang humanis, kerja sama di berbagai bidang akan semakin terbuka lebar, berjalan lancar, dan saling menguntungkan. Dengan demikian, dalam jangka panjang, hubungan kedua negara menjadi semakin solid dan harmonis

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Xihua University dan Confusius Institute, yang telah bersedia bekerja sama dalam pendirian prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok UNS,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Xihua University Prof. LIU Shugen sangat mengapresiasi pendirian prodi ini. “Hadirnya Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok ini merupakan buah dari kerja sama kita. Semoga ke depan kerja sama semakin erat,” terangnya.

Baca juga: UIN Jakarta Sediakan 184 Kursi di Jalur SMM PTN-Barat

Rektor Xihua University berharap semoga kedepan makin banyak mahasiswa maupun dosen UNS yang melakukan studi lanjut maupun pertukaran mahasiswa ke Xihua University.

Dekan FIB UNS Prof. Warto menambahkan, prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok diharapkan dapat merealisasikan visinya melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai misi yang diembannya.

“Semoga dengan berdiri, dan dikumandangkannya prodi ini akan menuai manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat, serta menjadi angin segar dalam memacu pengembangan Bahasa, Sastra dan Budaya Tiongkok (Sinologi) di Indonesia, bahkan kancah dunia,” pungkasnya.
(nz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1526 seconds (11.252#12.26)