Calon Maba Tertarik Masuk Perguruan Tinggi BUMN? Ini Sederet Pilihannya

Rabu, 23 Maret 2022 - 12:48 WIB
loading...
Calon Maba Tertarik Masuk Perguruan Tinggi BUMN? Ini Sederet Pilihannya
Gedung Universitas Pertamina. Foto/Dok/Humas UP
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah perguruan tinggi milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bisa menjadi pilihan mahasiswa baru untuk menempuh kuliah. Di Indonesia terdapat 9 perguruan tinggi milik BUMN yang bergabung menjadi Aliansi Perguruan Tinggi BUMN ( APERTI BUMN ).

APERTI BUMN yang berdiri pada 2017 adalah perkumpulan perguruan tinggi yang berafiliasi dengan Badan Usaha Milik Negara dan menjadi wadah bagi seluruh perguruan tinggi anggotanya untuk bersinergi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Mengutip dari laman resmi APERTI BUMN, perguruan tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN ini telah memiliki spesialisasi yang sangat dibutuhkan oleh dunia industri.

Misalnya, IT PLN yang memiliki spesialisasi di bidang ketenagalistrikan, TEL-U di bidang teknologi informasi dan komunikasi, dan juga Universitas Pertamina di bidang energi.

Baca: Mahasiswa Wajib Tahu, UNS Buka Prodi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok

Kemudian ada STIMLOG yang spesialis di bidang manajemen logistik, transportasi dan rantai pasok, UISI di bidang bisnis dan teknologi persemanan, serta Poltekpos di bidang logistik, supply chain management & e-commerce.

Anggota APERTI BUMN juga ada ITTS yang memiliki keunggulan di bidang teknologi komunikasi dan BRI Institute di bidang teknologi keuangan digital (digital financial technology) dan technopreneurship.

Kelebihan yang sama-sama dimiliki oleh perguruan tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN ini adalah kedekatannya dengan industri, yang memungkinkan anggotanya berkolaborasi untuk mengimplementasikan konsep Triple Helix (Academic, Business, and Government).

Berikut ini sembilan perguruan tinggi dibawah APERTI BUMN yang wajib disimak sebagai pilihan kampus untuk melanjutkan kuliah bagi calon mahasiswa baru.

Baca juga: Siap-siap, Hari Ini Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 Dimulai
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2703 seconds (11.97#12.26)