Selamat, Mahasiswa Unair Raih Prestasi di Robocup Asia Pacific

Sabtu, 26 Maret 2022 - 14:22 WIB
loading...
Selamat, Mahasiswa Unair Raih Prestasi di Robocup Asia Pacific
Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair). Foto/Tangkap layar laman Unair.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Universitas Airlangga ( Unair ) kembali meraih prestasi yang membanggakan. Kali ini, Muhammad Syahnabil Hammam Sungkar dan Zhafran Hilmi Wijaya berhasil meraih 3rd Place RCAP Influencer Award – People’s Choice dan 3rd Place RCAP Influencer Award–Most Popular Video dalam ajang RoboCup.

Muhammad Syahnabil Hammam Sungkar adalah mahasiswa Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Angkatan 2021 dan Zhafran Hilmi Wijaya dari jurusan Teknik Elektro 2020.

Hilmi bercerita, Robocup Asia Pacific merupakan salah satu kompetisi robot tingkat internasional yang sangat bergengsi karena pada event tersebut pesertanya datang dari berbagai negara. Dia menceritakan, mereka menerapkan strategi Dead Reckoning pada kompetisi ini.

“Dead Reckoning merupakan salah satu algoritma yang banyak menerapkan konsep kalkulus yang biasa digunakan pada sistem navigasi robot untuk menghitung dan mengetahui posisi target yang telah ditentukan pada sumbu-x dan sumbu-y. Kemudian menggerakkan ke arah target menggunakan motor yang terdapat pada robot simulatornya ke arah target yang telah ditentukan,” jelasnya, melansir laman resmi Unair, Sabtu (26/3/2022).

Baca: Unsoed Sediakan 1.912 Kursi di SBMPTN 2022 Untuk Calon Maba

Algoritma Dead Reckoning, lanjutnya, merupakan algoritma yang mudah untuk dipelajari. Karena sebagai mahasiswa teknik sudah terbiasa dengan soal kalkulus. “Sehingga ketika menjawab tantangan yang diberi oleh juri ketika lomba, kami dapat memperhitungkan dan menyelesaikannya dengan mudah dan robot dapat melaju ke target dengan baik dan mendapat poin banyak,” ungkapnya.

Hilmi melanjutkan, ketika mengikuti lomba itu, terdapat banyak proses yang harus dilalui agar dapat menjadi juara. Yang pertama yaitu membuat Team Description Paper (TDP).

Pada tahap ini, setiap tim wajib membuat makalah yang berisi tentang identitas anggota tim, latar belakang tim, pengalaman yang pernah diikuti, strategi yang akan digunakan, dan algoritma yang ingin dikembangkan lagi. “Tim yang memiliki TDP paling menarik di mata juri dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya,” katanya.

Baca juga: Mahasiswa UNY Kembangkan Alat Deteksi Jarak Berbasis Raspberry Pi

Hilmi menjelaskan, tahapan kedua adalah preliminary games. Pada tahap preliminary games, semua tim memprogram robot simulatornya dengan algoritma yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Waktu pengerjaan untuk tahap preliminary games yaitu 24 jam.

“Pada final games, tim yang berhasil lolos hanya 16. Ketika final games, tantangan yang diberikan oleh juri jauh lebih susah, karena jarak antar target lebih jauh dari sebelumnya dan waktu pemrograman lebih singkat yaitu hanya 4 jam dan diawasi oleh juri,” jelasnya.

Pada babak 8 besar, tandasnya, hanya mereka yang lolos dan satu-satunya perwakilan dari Unair. Pada babak 8 besar ini, waktu pemrograman dipersingkat lagi menjadi 3 jam dan wajib mengikuti interview dari juri. “Alhamdulillah ketika interview, kami mendapat banyak pujian dari juri mengenai jawaban kami,” pungkasnya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)