Ini Cara Registrasi Ulang Bagi Calon Maba UI yang Lulus SNMPTN 2022

Rabu, 30 Maret 2022 - 16:09 WIB
loading...
Ini Cara Registrasi Ulang Bagi Calon Maba UI yang Lulus SNMPTN 2022
Universitas Indonesia (UI). Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) menerima 1.115 mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPT N) 2022. Bagi siswa yang diterima diwajibkan melakukan registrasi atau daftar ulang agar resmi menjadi mahasiswa UI.

Total pendaftar SNMPTN 2022 ke UI sebanyak 18.550 peserta hingga mengerucut ke 1.115 orang yang akan bergabung menjadi mahasiswa baru UI. Sedangkan bagi yang belum diterima di SNMPTN jangan berkecil hati sebab masih ada SBMPTN dan SIMAK UI yang masih membuka pendaftaran.

Tahun ini, sejumlah program studi (prodi) yang paling banyak diminati oleh peserta SNMPTN 2022 dari jurusan IPA adalah Pendidikan Dokter, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknik Industri, dan Farmasi, sedangkan pada prodi rumpun sosial humaniora yang paling banyak peminatnya adalah Ilmu Hukum, Ilmu Psikologi, Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Akuntansi.

Baca: UI Terima 1.115 Mahasiswa Baru di Jalur SNMPTN 2022

Dikutip dari informasi yang diunggah akun Instagram Universitas Indonesia @univ_indonesia, berikut cara registrasi ulang bagi yang diterima di UI melalui jalur SNMPTN 2022:

Tahap 1 Verifikasi Rapor

1. Calon mahasiswa baru diwajibkan mengunggah scan rapor asli semester 1-5 beserta Kartu Tanda Peserta SNMPTN dalam 1 file PDF mulai 30 Maret-3April 2022 pukul 23.59 WIB di laman penerimaan.ui.ac.id/verifikasi.

2. Calon mahasiswa baru dinyatakan mengundurkan diri apabila tidak mengunggah dokumen tersebut hingga waktu yamg diberikan berakhir.

3. Hasil verifikasi rapor akan diumumkan di laman penerimaan.ui.ac.id pada 7 April 2022 pukul 13.00 WIB dan memperoleh Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) untuk dapat melanjutkan ke tahap pra-registrasi.

Tahap 2 Pengisian Data dan Pra-Registrasi

1. Calon mahasiswa baru yang telah memperoleh NPM dapat melakukan pra-registrasi sejak 7-21 April 2022.

2. Pra-registrasi dilakukan di laman pra-registrasi.ui.ac.id, login dengan NPM dan Program Studi.

3. Ikuti petunjuk yang disampaikan, isi semua formulir dengan lengkap dan unggah dokumen yang sesuai.

4. Username dan password untuk Registrasi Akademik akan dikirim ke alat email yang digunakan dalam pengisian data saat pra-registrasi, setelah menyelesaikan Pembayaran Biaya Pendidikan (Registrasi Administrasi).

5. Calon mahasiswa baru yang tidak melengkapi isian dan dokumen pada tahap pra-registrasi dinyatakan tidak menyelesaikan tahap Pengisian Data dan Pra-Registrasi, sehingga tidak bisa melakukan pembayaran biaya pendidikan sebelum menyelesaikan tahap ini.

Baca juga: Simak, Ini Panduan Daftar Ulang Calon Mahasiswa Lolos SNMPTN 2022

Tahap 3 Konfirmasi pilihan Pembayaran Biaya Pendidikan (S1 Reguler)

1. BOP Pilihan (BOP-P)

UI memberikan kesempatan kontribusi bagi penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa dengan mekanisme penetapan biaya pendidikan sesuai dengan kemauan bayar serta pada keinginan untuk berpartisipasi dalam membantu Biaya Operasional Pendidikan (BOP) di UI. Atau bisa juga disebut dengan BOP-Pilihan yang mempunyai pilihan kelas permohonan pengajuan pembayaran sebagai berikut: Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas 4, atau Kelas 5.

2. BOP Berkeadilan (BOP-B)

UI juga menerapkan kebijakan penetapan besaran biaya pendidikan yang disesuaikan dengan data kemampuan bayar penanggung biaya pendidikan atau BOP Berkeadilan yang mempunyai pilihan kelas pengajuan pembayaran sebagai berikut: Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas 4, Kelas 5, dan Kelas 6.

Konfirmasi Pilihan Pembayaran Biaya Pendidikan (S1 Reguler)

Penjelasan lebih lanjut, termasuk bagi para calon mahasiswa pendaftar program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dapat disimak di laman penerimaan.ui.ac.id pada menu Tab Biaya Pendidikan.

Jika sudah menentukan pilihan, maka calon mahasiswa baru harus melakukan konfirmasi secara online di laman penerimaan.ui.ac.id dari 7-10 April 2022.

Tahap 4 Pembayaran Biaya Pendidikan (S1 Reguler)

1. Pastikan sudah mengetahui Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) dan telah menyelesaikan Tahap Pengisian Data dan Pra Registrasi sebelum melakukan Pembayaran Biaya Pendidikan.
.
2. Bagi yang memilih BOP-Pilihan dapat melakukan Pembayaran Biaya Pendidikan sesuai dengan pilihannya mulai 7-21 April 2022.

3. Bagi yang memilih BOP-Berkeadilan dan calon Program KIP Kuliah diwajibkan untuk tetap menyelesaikan Tahap Pengisian Data dan Pra Registrasi. Lalu akan diinformasikan lebih lanjut untuk Pembayaran Biaya Pendidikan sesuai dengan jadwal penetapan BOP-Berkeadilan dan pengumuman KIP-Kuliah.

4 Pembayaran biaya pendidikan dapat dilakukan melalui:
Bank BNI: ATM, mobile banking, atau teller
Bank Permata: ATM, mobile banking, atau internet banking
CIMB Niaga: ATM, teller, internet banking, atau mobile banking
Bank Bukopin: ATM Bank
BTN: ATM, teller, atau mobile banking
Bank Mandiri: ATM, teller, internet banking, atau mobile banking
BRI: ATM atau teller.

5. Ketika sudah di ATM atau Teller

a. Masukkan NPM dengan benar atau jika membayar melalui Teller bank berikan nama dan NPM.

b. Periksa kesesuaian nama mahasiswa yang muncul pada layar ATM atau minta Teller bank memeriksa

c. Periksa kesesuaian jumlah biaya pendidikan

d. Simpan resi pembayaran sebagai bukti pembayaran

6. Biaya pendidikan yang telah dibayarkan calon mahasiswa baru yang mengundurkan diri tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

7. Biaya penidikan yang telah dibayarkan untuk dan atas nama mahasiswa tidak dapat dialihkan untuk pembayaran BP mahasiswa lain atau jenjang atau program masuk lain.

Tahap 5 Registrasi Akademik (S1 Reguler)

1. Sejak 22-25 April 2022, calon mahasiswa baru yang sudah menyelesaikan Pengisian data dan Pra-Registrasi,, dan melakukan Pembayaran Biaya Pendidikan secara otomatis akan teregistrasi sebagai mahasiswa baru dan mendapatkan username serta password yang akan dikirimkan melalui email untuk melakukan Registrasi Akademik di pra-registrasi.ui.ac.id

2. Calon mahasiswa baru dianggap mengundurkan diri apabila hingga 21 April 2022 belum menyelesaikan Pengisian Data, Pra-Registrasi, dan membayar biaya pendidikan.

3. Bagi pemilih BOP-Berkeadilan dan calon program KIP Kuliah diwajibkan untuk menyelesaikan Pengisian data dan Pra Registrasi sesuai dengan periode yang ditentukan.

Informasi selengkapnya mengenai registrasi ulang bagi yang dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN 2022 dapat mengakses laman penerimaan.ui.ac.id.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)