5 Langkah Jitu Buatmu Yang Tak Lulus SNMPTN 2022

Kamis, 31 Maret 2022 - 12:08 WIB
loading...
A A A
Bagi yang gagal lolos SNMPTN dan SBMPTN, tenang saja sebab masih ada ujian mandiri yang bisa diikuti. Namun, kalian harus cari tahu dulu, apakah PTN yang dituju membuka jalur mandiri atau tidak. Proses seleksi Ujian Mandiri di tiap kampus juga berbeda-beda. Ada yang harus mengikuti tes lagi atau ada yang menyeleksi berdasarkan nilai UTBK SBMPTN.

Baca juga: UGM Terima 2.690 Calon Mahasiswa dari SNMPTN 2022, Cek Tahapan Registrasinya

4. Coba Perguruan Tinggi Swasta

Sudah ikut SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri masuk PTN, tetapi masih belum diterima juga di PTN impian. Padahal kamu sudah berusaha dengan maksimal, namun ternyata hasil yang didapatkan mengecewakan. Tidak ada salahnya untuk coba mencari tahu PTS terbaik. PTS juga tidak kalah dengan PTN bahkan ada juga jurusan-jurusan tertentu yang ternyata lebih baik dari PTN.

5. Daftar Sekolah Kedinasan

Selain PTN dan PTS, alternatif lain juga bisa mendaftar ke sekolah kedinasan. Sekolah Tinggi Kedinasan merupakan perguruan tinggi yang berada langsung di bawah kementerian atau lembaga pemerintahan yang menawarkan ikatan dinas bagi para lulusannya. Artinya, setelah lulus dari Sekolah Kedinasan, kamu bisa langsung bekerja dan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
(nz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)