Cari Kampus Swasta di Jagakarsa? Ini Daftarnya

Jum'at, 01 April 2022 - 11:25 WIB
loading...
Cari Kampus Swasta di Jagakarsa? Ini Daftarnya
Universitas Pancasila. Foto/Dok Humas Universitas Pancasila
A A A
JAKARTA - Sejumlah kampus swasta terletak di Jagakarsa , Jakarta Selatan. Ada yang berdekatan dengan stasiun, ada pula yang dekat JPO Tapal Kuda.

Jagakarsa merupakan salah satu kecamatan yang termasuk wilayah Kota Jakarta Selatan. Di Kecamatan Jagakarsa terdapat enam kelurahan. Keenam kelurahan tersebut adalah Kelurahan Tanjung Barat, Kelurahan Lenteng Agung, Kelurahan Jagakarsa, Kelurahan Ciganjur, Kelurahan Srengseng Sawah, dan Kelurahan Cipedak.

Di wilayah Jagakarsa ini terdapat sejumlah kampus perguruan tinggi swasta. Mau tahu apa saja kampus swasta yang ada di Jagakarsa? Berikut SINDOnews tampilkan enam di antaranya:

1. Universitas Pancasila
Cari Kampus Swasta di Jagakarsa? Ini Daftarnya

Foto/Dok Humas Universitas Pancasila


Universitas Pancasila didirikan pada tanggal 28 Oktober 1966. Dikutip dari univpancasila.ac.id, Pancasila yang dijadikan nama dari universitas ini tidaklah sekadar tanda pengenal dan pembeda dari universitas-universitas lainnya.

Nama Universitas Pancasila memiliki kedalaman arti yang hakiki, sesuai dengan misi yang diemban Universitas Pancasila, yaitu "Memberikan peranan positif dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta pengembangan masyarakat ber-Pancasila seperti yang dicita-citakan dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945."



Kampus Universitas Pancasila terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, seberang Stasiun Universitas Pancasila. Kampus di Srengseng Sawah ini seluas 111.255 m2 dengan bangunan seluas 38.076 m2 terdiri dari Rektorat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Teknik. Sementara itu, kampus di Jalan Borobudur No. 7 Jakarta Pusat, saat ini dipergunakan untuk perkuliahan Program Pascasarjana.

Di Universitas Pancasila terdapat sejumlah fakultas yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Pariwisata, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Teknik.

2. IISIP Jakarta
Cari Kampus Swasta di Jagakarsa? Ini Daftarnya

Kampus IISIP Jakarta. Foto/SINDOnews/Dzikry Subhanie


Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta (IISIP Jakarta) berdiri 5 Desember 1953. Saat berdiri, bernama Perguruan Tinggi Djurnalistik (PTD), kemudian beberapa kali berganti nama, hingga kini dikenal dengan IISIP Jakarta.

Kampus IISIP Jakarta terletak di Jalan Lenteng Agung Raya No. 32, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Lokasinya berhadapan dengan Flyover dan JPO Tapal Kuda Lenteng Agung.

Di Kampus Tercinta, demikian IISIP Jakarta dikenal, terdapat tiga fakultas yakni Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Ilmu Administrasi.

Dikutip dari laman www.iisip.ac.id, ada pula Program Diploma 3 (D3) Periklanan dan D3 Jurnalistik. Selain itu, ada Program Pascasarjana.

3. ISTN

Cari Kampus Swasta di Jagakarsa? Ini Daftarnya

Kampus ISTN. Foto/SINDOnews/Dzikry Subhanie

Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN), dahulu ATN/STTN, merupakan perguruan tinggi bidang sains dan teknologi swasta tertua yang berpengalaman di Indonesia dan telah berkiprah sejak tahun 1950.

Dikutip dari istn.acid, ISTN adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berdiri di DKI Jakarta. Perguruan tinggi di bidang sains dan teknologi ini pertama kali berdiri dengan nama 'Akademi Teknik Nasional' (ATN) pada tanggal 5 Desember 1950.

Kampus Pusat ISTN terletak di Jalan Moh Kahfi II Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Ada sejumlah fakultas di ISTN yakni Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Farmasi (FFAR), dan Fakultas Sains dan Teknologi Informasi (FSTI). Di kampus ini, ada pula Program Pascasarjana.

4. Universitas Tama Jagakarsa
Universitas Tama Jagakarsa terletak di Jalan Letjen T.B. Simatupang No.152 Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dikutip dari jagakarsa.ac.id, cikal bakal Universitas Tama Jagakarsa dimulai pada Tahun 1985 dengan berdirinya lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Perguruan Jagakarsa (YAPERJASA), sebuah yayasan yang mengelola pendidikan mulai dari TK, SMP, dan SMA. Pada tahun itu juga, dibuka Universitas Jagakarsa dengan lima fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Hukum, Teknik, Ilmu Administrasi dan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan. Dalam tempo enam bulan, Universitas Jagakarsa telah mendapat izin operasional.

Seiring perjalanan waktu, terjadi dinamika. Sejak 6 Juli 2005, Universitas Tama Jagakarsa memiliki 3 Fakultas dengan 14 (empat belas) Program Studi sebagai berikut: Fakultas Ekonomi mempunyai 1 (satu) Program Magister Manajemen Strata-2, 3 (tiga) Program Studi Strata-1, dan 2 (dua) Program Studi Diploma-3. Kemudian, Fakultas Hukum mempunyai 1(satu) Program Studi Ilmu Hukum Strata-1. Sedangkan Fakultas Teknik mempunyai 6 (enam) Program Studi Strata-1. Berdasarkan SK No : 812/D/T/2006 tertanggal 28 Februari 2006 diperoleh izin penyelenggaraan Program Magister Ilmu Hukum Strata-2.

Saat diakses Selasa, 29 Maret 2022, di laman jagakarsa.ac.id tercantum sejumlah fakultas di Universitas Tama Jagakarsa yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Psikologi.

5. Unindra
Universitas Indraprasta PGRI atau lebih dikenal dengan sebutan Unindra adalah perguruan tinggi yang terletak di Jalan Nangka No 59 Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dikutip dari unindra.ac.id, Unindra adalah salah satu universitas swasta yang didirikan pada tahun 2004 dan disahkan kembali oleh Menteri Pendidikan Nasional RI melalui keputusan No : 142/D/0/2004 Tanggal 6 September 2004. Tanggal resmi tersebut adalah pengakuan pemerintah atas berdirinya Universitas Indraprasta PGRI. Tanggal tersebut dinyatakan sebagai hari lahir (Dies Natalis).

Unindra juga menjadi salah satu kampus perguruan tinggi dengan biaya kuliah yang terjangkau, terbukti dari penghargaan yang diberikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Unindra hadir dengan moto Peduli, Mandiri, Kreatif, dan Adaptif.

Ada lima fakultas di Unindra. Kelima fakultas tersebut adalah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, serta Fakultas Pascasarjana.

6. IBI-K57
Cari Kampus Swasta di Jagakarsa? Ini Daftarnya

Kampus IBI K-57. Foto/SINDOnews/Dzikry Subhanie

Sebelum bernama Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957 (IBI-K57) pada 2012, salah satu kampus yang terletak di Jagakarsa ini bernama STIMA Kosgoro. Kampus IBI-K57 terletak di Jalan M. Kahfi II No. 33, Lenteng Agung, RT 1/RW 5, Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dikutip dari www.ibi-k57.ac.id, ada tiga fakultas di kampus yang terkenal dengan sebutan Kampus Orens ini. Ketiga fakultas tersebut adalah Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, serta Fakultas Ilmu Komputer.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2878 seconds (0.1#10.140)