Sambut Dies Natalis, Institut Teknologi PLN Jawab Tantangan Jokowi

Jum'at, 01 April 2022 - 20:00 WIB
loading...
Sambut Dies Natalis, Institut Teknologi PLN Jawab Tantangan Jokowi
Rektor Institut Teknologi PLN Prof Iwa Garniwa Mulyana saat merilis Dies Natalis ke-24 di kampus mereka, Jumat (1/4/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Keinginan Presiden Jokowi membuat modernisasi teknologi serta mendapatkan pembaruan energi dijawab oleh Institut Teknologi (IT) PLN . Mereka merancang beberapa persiapan dalam pembaruan teknologi, kualitas SDM, hingga memanfaatkan SDA yang ada.

Hal itu diungkapkan Rektor IT PLN Prof Iwa Garniwa Mulyana saat merilis Dies Natalis ke-24 di kampus mereka, Jumat (1/4/2022). Prof Iwa menyebut pihaknya telah menyusun beberapa program sejak 2019. Salah satunya, membuat motor hybrid atau listrik yang dipamerkan saat Indonesia International Motor Show (IIMS) Motor Bike Expo 2019.

"Sayangnya motornya masih belum diminati masyarakat. Selain belum populer, masyarakat cenderung masih memilih energi fosil," kata Prof Iwa.

Baca juga: Calon Maba Tertarik Masuk Perguruan Tinggi BUMN? Ini Sederet Pilihannya

Sekali pun demikian, Guru Besar Universitas Indonesia itu tetap optimistis. Pertumbuhan motor listrik akan berkembang pesat dalam beberapa tahun ke depan. Terlebih saat ini pemerintah pusat sendiri tengah berupaya melakukan pembaruan energi sebagai dukungan menuju Industri 4.0.

Di sisi lain, IT PLN juga tengah bersiap mencetak sejumlah lulusan berkualitas, khususnya di bidang kelistrikan secara terstruktur mulai dari menyekolahkan staf pengajar hingga tingkat Doktor, melakukan riset teknologi, hingga bekerja sama dengan universitas di Eropa. Dari beberapa program itu, Prof Iwa meyakini 5-10 tahun ke depan electric vehicles dapat berkembang.

Selaras dengan itu, IT PLN juga memaksimalkan potensi yang ada. Salah satunya melakukan praktik perkuliahan di kampus mereka yang kini dilengkapi beberapa laboratorium, seperti riset kendaraan listrik, gardu listrik, solar teknologi, hingga daur ulang sampah menjadi teknologi.

Bahkan diakuinya, laboratorium yang tersedia di tempat jauh lebih lengkap dibandingkan Universitas lain di Indonesia. "Saya cek ke beberapa perguruan tinggi, hanya kampus kami yang memiliki laboratorium lapangan yang lengkap. Karena umumnya di tempat lain hanya berdasarkan foto dan teori," katanya.

Termasuk memanfaatkan sumber daya alam Indonesia yang diyakini cukup melimpah menjadi negara penghasil Lithium, atau bahan baku baterai. Menurut Prof Iwa, pihaknya kini telah menyiapkan tenaga handal, lantaran Perusahaan PLN sendiri tengah menyiapkan sebagai energi masa depan.

Selaras dengan Prof Iwa, Ketua Senat IT PLN Prof Aminullah Assagaf mengatakan kolaborasi dan sinergi tengah dilakukan pihaknya. Salah satunya mengadopsi perguruan tinggi di luar negeri bersamaan dengan mengirimkan beberapa tenaga pengajar untuk kuliah hingga gelar doktor.

"Peran manajemen kita perkuat, salah satunya memperkuat sinergi internal kita menjadi satu teamwork yang mendukung," katanya.

IT PLN diketahui telah berdiri sejak 1998 dan telah mencetak hampir 10.000 alumni. Karena itu menyambut lahirnya, Dies Natalis digelar mulai dari 2 Maret-1 April 2022, terdapat serangkaian acara yang diadakan oleh ITPLN, seperti charity kepada panti asuhan yang berada di sekitar kampus, webinar faculty series dengan pembicara yang ahli di bidangnya, lomba olah raga, e-sports, fotografi, musik, dan juga lomba karya tulis ilmiah yang pemenangnya berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa BP3 hingga 100% di IT PLN.
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3086 seconds (10.177#12.26)