Gagal Lolos SNMPTN? Coba Renungkan Lagi 3 Hal Ini

Sabtu, 02 April 2022 - 11:58 WIB
loading...
Gagal Lolos SNMPTN? Coba Renungkan Lagi 3 Hal Ini
Gagal lolos SNMPTN? Coba renungkan lagi 3 hal ini. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Berhasil masuk ke perguruan tinggi impian tentu diidam-idamkan oleh seluruh siswa SMA. Salah satu jalur awal untuk masuk PTN adalah melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ).

Jalur undangan ini melakukan seleksi tanpa tes, tapi dengan melihat nilai rapor dari semester satu hingga lima. Tak heran, persaingan untuk berhasil lolos SNMPTN terbilang sengit. Dari 612.049 total pendaftar di tahun ini, hanya 120.643 siswa yang berhasil diterima di 125 PTN impiannya pada pengumuman SNMPTN Selasa lalu.

Bila kamu mendapat hasil berwarna merah, percayalah bahwa ini bukan akhir dari segalanya. Kamu boleh merasa sedih, kecewa, atau butuh waktu sejenak untuk move on. Tapi, yang terpenting adalah bangkit dan mengatur ulang strategi untuk meraih impianmu.

Melalui siaran pers, dikutip Sabtu (2/4/2022), platform edukasi berbasis teknologi, Zenius, telah merangkum tiga hal yang perlu dipikirkan kembali bila gagal dalam SNMPTN. Tiga hal tersebut sangat penting untuk menata strategi ke depannya. Apa sajakah?

Baca: Guru Besar Unpad Kembangkan Aplikasi Biosensor di Bidang Kesehatan dan Pangan

1. Sudah yakin dengan universitas dan jurusan yang kamu pilih?

Dari kegagalanmu kemarin, kamu jadi memiliki kesempatan untuk memikirkan dan memastikan keputusanmu. Apakah sudah benar-benar yakin dengan keputusan tersebut? Beberapa di antara kamu mungkin masih ragu-ragu.

Padahal, keputusanmu ini sangat berpengaruh pada masa depanmu. Kuliah memakan waktu, tenaga, dan biaya yang tak sedikit. Jangan sampai kamu cuma asal pilih dan malah nggak sesuai dengan minatmu yang sesungguhnya.

Oleh karena itu, kamu bisa melakukan riset mandiri mengenai berbagai jurusan yang tersedia, dan jurusan apa yang paling sesuai dengan ketertarikanmu. Tanyakan pada dirimu, bidang apa yang ingin kamu tekuni? Begitu pula dengan universitas, apakah kamu ingin kuliah di dekat rumah, atau ingin merantau? Perhatikan kembali plus dan minus dari setiap keputusan serta pikirkan secara matang.

Bila sebelumnya kamu belum sempat meminta saran dari orang tua maupun teman, inilah saatnya untuk mengobrol dengan mereka. Dengan memiliki keputusan yang matang, kamu akan menghindari penyesalan di waktu mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)