Ini Syarat dan Cara Daftar SMUP Unpad 2022 Jenjang S1 dan D4

Selasa, 05 April 2022 - 11:11 WIB
loading...
A A A
1. Batas Pendaftaran, Pembayaran Biaya Seleksi dan Unggah Dokumen Persyaratan: 27 Juni 2022 (16:00 WIB)
2. Simulasi ujian (jadwal akan disampaikan melalui SMS): 4-5 Juli 2022
3. Pelaksanaan ujian seleksi: 7 Juli 2022
4. Pengumuman: 18 Juli 2022

Materi Ujian

Materi ujian SMUP 2022 untuk jenjang sarjana S1 berupa Ujian Tes Kemampuan Belajar (TKB) yang akan dilakukan secara online. Menurut instagram resmi SMUP Unpad, TKB merupakan tes yang didesain untuk mengukur kemampuan berpikir dan menyelesaikan masalah para peserta. Secara spesifik, tes ini mengukur kemampuan seseorang dalam memahami bacaan, berpikir logis dan analitis, penalaran numerik dan penalaran figural.

Lalu apakah tes ini sama dengan TPS di UTBK? TKB dan TPS sama-sama mengukur potensi seseorang untuk sukses di perguruan tinggi. Namun, perbedaannya terletak pada matematika dasar dan jenis soalnya.

TKB akan terdiri dari 110 soal yang harus dikerjakan dalam durasi 107 menit. Sistem penilaian TKB akan menggunakan sistem Item Response Theory (IRT) dan tidak ada nilai minus. Sama seperti UTBK.

Ketentuan Pilihan Program Studi SMUP Unpad S1

Calon mahasiswa bisa memilih paling banyak dua program studi pada SMUP Unpad dengan ketentuan:

1. Bagi peserta yang menggunakan nilai UTBK kelompok Saintek/Soshum hanya bisa memilih dua Program Studi dari kelompok Saintek atau Soshum sesuai dengan kelompok ujian UTBK yang telah dimiliki.
2. Bagi peserta yang menggunakan nilai UTBK Campuran (IPC) bisa memilih dua Program Studi lintas kelompok ilmu dari kelompok Saintek dan Soshum.
3. Bagi peserta yang menggunakan nilai SMUP bisa memilih dua Program Studi dari kelompok ilmu yang sama atau berbeda (satu Saintek dan satu Soshum).
4. Bagi peserta yang akan memilih program studi yang berbeda dengan kelompok ujian UTBK yang telah diikuti, diharuskan untuk mengikuti ujian SMUP.
5. Bagi peserta lulusan 2020, 2021, dan 2022 dari Jurusan IPA atau IPS yang mengambil ujian SMUP, bebas memilih program studi sesuai minatnya (bisa lintas jurusan atau kelompok ilmu).

Baca juga: Berkas yang Harus Disiapkan untuk Daftar Ulang SNMPTN di UGM dan Prosedurnya

Prosedur Pendaftaran SMUP Unpad S1
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)