Syarat Kuliah di Jepang dan 5 Universitas Terbaiknya

Selasa, 05 April 2022 - 14:05 WIB
loading...
Syarat Kuliah di Jepang dan 5 Universitas Terbaiknya
Syarat kuliah di Jepang dan 5 Universitas Terbaiknya. Foto/Dok/Ist.
A A A
JAKARTA - Negeri Sakura atau Jepang menjadi salah satu destinasi mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi pendidikan tinggi. Hal ini karena Jepang dikenal dengan salah satu negara di Asia yang kualitas dan fasilitas pendidikannya terbaik.

Selain memiliki pendidikan berkualitas tinggi, banyak mahasiswa internasional yang ingin kuliah di Jepang karena ingin merasakan tradisi dan kebudayaan yang masih sangat kuat di Jepang.

Jepang juga dinilai sebagai salah satu negara paling aman di dunia. Masyarakatnya yang dikenal hidup teratur dan disiplin juga akan memberi pengalaman tersendiri bagi mahasiswa internasional termasuk pelajar dari Indonesia.

Namun apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan kuliah disana? Dan mana saja universitas terbaik di Jepang yang bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan studi? Simak informasinya berikut ini dilansir dari laman Hotcourses Indonesia.

Baca: Dosen ITS Gagas Aplikasi Bumil Bahagia, Apa Kegunaannya?

Persiapan sebelum kuliah di Jepang

1. Mampu Berbahasa Jepang

Sebelum kuliah di Jepang, mahasiswa internasional wajib mengambil kursus bahasa Jepang terlebih dulu selama enam bulan di institusi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kehakiman Jepang. Karena mayoritas perkuliahan disana disampaikan dengan bahasa Jepang. Lalu bagaimana jika kamu sudah mahir berbahasa Jepang? Kursus ini tetap harus diikuti namun bisa ditempuh dengan waktu yang lebih singkat.

2. Memiliki Sertifikat Bahasa

Meski mayoritas pembelajaran menggunakan bahasa Jepang. Namun ada beberapa universitas yang menawarkan program kuliah dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, calon mahasiswa yang ingin ke Jepang juga harus memiliki sertifikat kemampuan Bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL sebagai salah satu syarat masuk program tersebut.

3. Ujian Masuk Universitas

Selain syarat bahasa, bagi mahasiswa internasional harus mengikuti ujian masuk universitas atau yang biasa dikenal dengan tes EJU (Examination for Japanese University). Ini adalah test yang menilai kemampuan berbahasa Jepang dan kemampuan akademik calon mahasiswa asing yang akan belajar di Jepang.

Ujian ini dilakukan secara serentak di Jepang dan luar negeri serta dilaksanakan dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan November. EJU sendiri dilaksanakan di 16 kota di Jepang dan 14 negara, salah satunya Indonesia. Kamu bisa mencari latihan soal test nya di berbagai lembaga yang terdaftar.

4. Perhatikan Jadwal Pendaftaran Kampus

Sebelum mendaftar ke kampus yang dituju pastikan semua dokumen pendukung seperti ijazah sudah disiapkan. Pantau terus mengenai jadwal pendaftaran dan ujian di masing-masing kampus sebab jadwalnya bisa berbeda-beda tergantung penetapan perguruan tinggi itu sendiri. Tetapi umumnya ada tes ujian masuk universitas yang berbeda dengan tes ujian masuk nasional.

Baca juga: Dosen ITERA Olah Limbah Batang Sawit Jadi Kertas Pendeteksi Kesegaran Makanan

5 Universitas Terbaik di Jepang

1. Universitas Tokyo

Universitas Tokyo adalah universitas yang telah berumur 117 tahun dan menjadi universitas penelitian negeri ternama di Jepang serta juga merupakan anggota pertama dari Tujuh Universitas Nasional. Meski hampir segala jenis bidang akademis diajarkan di sini, kampus ini paling terkenal akan fakultas hukum dan sastra.

2. Kyoto University

Didirikan pada 1897 sebagai Universitas Imperial Kyoto dan merupakan universitas negeri tertua nomor dua di Jepang. Universitas Kyoto memiliki 10 fakultas, 17 sekolah pascasarjana, 13 institut riset, serta 29 pusat riset dan pendidikan. Sebagai universitas berorientasi penelitian, Universitas Kyoto hingga kini telah menghasilkan 5 penerima Penghargaan Nobel dalam bidang fisika teori, kimia, dan biologi molekuler.

3. Osaka University

Universitas ini memiliki lima institut penelitian dan dosen-dosen ternama. Dua program S1 disampaikan dalam bahasa Inggris dan untuk jenjang S2 tersedia lima program kuliah yang ditawarkan dalam bahasa Inggris. Universitas ini juga menawarkan beasiswa dan pembebasan biaya kuliah bagi mahasiswa internasional yang memenuhi syarat.

4. Tokyo Institute of Technology

Universitas ini berada di peringkat ke-21 di bidang teknologi dan peringkat ke-57 pada bidang ilmu alam di antara universitas-universitas terbaik dunia menurut Times-QS World University Rankings. Universitas ini juga berada di peringkat 4 terbaik di Jepang, terutama dalam ilmu alam dan teknik lapangan.

5. Waseda University

Waseda merupakan universitas swasta yang masuk dalam jajaran universitas terbaik Jepang. Universitas ini memiliki alumni-alumni ternama, termasuk tujuh Perdana Menteri Jepang. Saat ini, Waseda University memegang nota kesepakatan dengan beberapa universitas terkemuka, yang mencakup Yale University, University of Hong Kong, dan Cambridge University.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5473 seconds (0.1#10.140)