Rancang VirtuoStroke, Tim Mahasiswa UI Jadi Finalis Kompetisi Teknologi Dunia

Rabu, 06 April 2022 - 14:57 WIB
loading...
Rancang VirtuoStroke, Tim Mahasiswa UI Jadi Finalis Kompetisi Teknologi Dunia
Tim mahasiswa UI. Foto/Dok/Humas UI.
A A A
JAKARTA - 3 mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) yang tergabung di tim Makara Tech berhasil menjadi finalis kompetisi teknologi Imagine Cup 2020. Mereka melaju berkat rancangan aplikasi yang dinamakan VirtuoStroke.

Kompetisi Imagine Cup yang diselenggarakan Microsoft dikenal sebagai “Olimpiade Teknologi”, karena merupakan salah satu kompetisi paling bergengsi di dunia dalam bidang teknologi dan perancangan perangkat lunak.

Ketiga mahasiswa Fasilkom UI itu adalah Shafira Ayu Maharani, Zafira Binta, dan Muhammad Danial Yusra (mahasiswa Fasilkom UI, yang melanjutkan studinya ke Tokyo Institute of Technology/Tokyo Tech). Mereka menjadi finalis dunia dan berhasil masuk 16 besar untuk Asia region.

Shafira mewakili tim Makara Tech, mengatakan, “Inovasi VirtuoStroke berawal dari banyak kendala yang dihadapi dalam penanganan penyakit stroke, khususnya pada negara-negara berkembang seperti Indonesia. Beberapa kendala yang dihadapi dalam rehabilitasi stroke di antaranya adalah biaya pengobatan yang mahal, kurangnya aksesibilitas, kurangnya motivasi pasien, dan ketakutan akibat Covid-19,” katanya, melalui siaran pers, Rabu (6/4/2022).

Baca: Mahasiswa Vokasi UI Runner Up Kompetisi Cerdas Cermat Tingkat Nasional

Untuk mengatasi masalah tersebut, tim Makara Tech mengusulkan VirtuoStroke sebagai sebuah aplikasi berbasis smartphone yang membawa rehabilitasi stroke dari rumah sakit ke dalam sebuah solusi yang terjangkau dari rumah.

Aplikasi VirtuoStroke ini menyediakan tiga fitur utama yang dapat membantu setiap pasien mendapatkan rencana rehabilitasi stroke yang baik, yaitu pertama permainan yang dapat melatih gerakan (motion controlled games).

Pada fitur kedua, aplikasi menyajikan data yang dapat melacak kemajuan rehabilitasi, dan fitur ketiga memberikan kemudahan bagi pasien untuk konsultasi dengan dokter jarak jauh.

Imagine Cup diselenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa berbakat dari seluruh dunia dapat mengaplikasikan imajinasinya. Selain itu, agar mereka memiliki ruang untuk menunjukkan solusi teknologi inovatif yang diciptakan untuk menjawab tantangan-tantangan terbesar di dunia.

Baca juga: Binus University Tawarkan 4 Beasiswa Menarik, Cek Syarat dan Cara Daftar
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)