Masih Bingung Pilih Jurusan? Tengok Keunggulan Prodi Analisis Kimia IPB

Rabu, 06 April 2022 - 15:31 WIB
loading...
Masih Bingung Pilih Jurusan? Tengok Keunggulan Prodi Analisis Kimia IPB
Masih bingung pilih jurusan? Tengok keunggulan prodi analisis kimia IPB. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Program studi (Prodi) Analisis Kimia (Ankim) berada di bawah naungan Sekolah Vokasi (SV) IPB University sejak 2005. Prodi ini memiliki visi menjadi prodi terbaik dalam menghasilkan tenaga vokasional bidang analis kimia berdaya saing tinggi di kawasan Asia Tenggara.

“Mata kuliah disusun berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Penyusunan kurikulum juga melibatkan sivitas akademika, stakeholder industri, pemerintah, dan alumni. Diharapkan lulusan Prodi Ankim memiliki kompetensi sesuai dengan tingkatan keilmuannya,” ungkap Ketua Prodi Ankim Armi Wulanawati, dikutip dari laman resmi IPB University, Rabu (6/4/2022).

Saat berkuliah, katanya, mahasiswa akan mempelajari mata kuliah seperti kimia dasar, mikrobiologi, kimia polimer, analisis pangan, kimia lingkungan, dan kimia industri. “Berada di bawah naungan IPB University dengan basis pertanian, Prodi Ankim juga memasukkan unsur pertanian di setiap mata kuliah. Hal ini yang menjadi ciri khas Prodi Ankim dibandingkan Prodi serupa lainnya,” jelasnya.

Baca: Rancang VirtuoStroke, Tim Mahasiswa UI Jadi Finalis Kompetisi Teknologi Dunia

Ia menambahkan, perkuliahan yang berfokus pada kegiatan praktik menjadi keunggulan Prodi Ankim. Mahasiswa dapat mengasah soft skill bersama tenaga pendidik (dosen) yang berkompeten. "Saat ini, Prodi Ankim setidaknya memiliki 27 dosen tetap dan 10 dosen praktisi. 40 % diantaranya telah bergelar doktor. Setiap dosen harus memiliki sertifikat kompetensi dan pendidik yang mendukung keilmuannya,” tuturnya.

Kegiatan perkuliahan dan praktikum Prodi Ankim juga ditunjang dengan berbagai sarana prasarana yang lengkap dan memadai. "Untuk mencetak lulusan yang berkualitas, perlu juga penyediaan sarana prasarana yang baik. Kami memfasilitasi mahasiswa dengan berbagai macam laboratorium untuk kepentingan praktikum. Guna meningkatkan skill dalam berorganisasi, mahasiswa dapat mengikuti himpunan Mahasiswa Analisis Kimia Vokasi IPB ‘Aromatik’,” tuturnya.

Lanjutnya, Prodi Ankim telah banyak bekerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah dan industri di sektor kesehatan, pangan, dan lingkungan. "Kerja sama ini memfasilitasi mahasiswa untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Selain itu, kami mendatangkan dosen tamu untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang analisis kimia. Tentunya semua itu demi pengembangan diri mahasiswa,” jelasnya.

Baca juga: 6 Nama Sudah Daftar Pemilihan Rektor UB, Siapa Saja Mereka?

Selain kegiatan perkuliahan, tambahnya, Prodi Ankim turut berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Dosen dan mahasiswa berkolaborasi dalam mengaplikasikan ilmu ke masyarakat. Prodi Ankim juga turut serta dalam upaya pemecahan masalah di lingkungan seperti melakukan pengecekan kondisi tanah dan air di suatu daerah.

Saat ini, Prodi Ankim sedang dalam proses upgrading dari program D3 menjadi D4 (Sarjana Terapan). Hal ini selaras dengan kebutuhan perusahaan dan industri saat ini. “Industri memerlukan tenaga kerja yang tidak hanya unggul di bidang keahlian, melainkan juga daya analisis. Diharapkan lulusan dari program D4 Ankim nanti akan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri,” katanya.

Menurutnya, lulusan Prodi Ankim dapat mengaplikasikan ilmu dan praktiknya sehingga mampu beradaptasi di dunia kerja. “Lulusan Prodi Ankim mampu menjadi teknisi analisis kimia tingkat madya yang mampu melakukan pekerjaan di laboratorium. Lulusan dapat bekerja sebagai analis di berbagai industri seperti industri polimer, pertambangan, pertanian, kehutanan, lingkungan, pangan, farmasi, dan kesehatan,” pungkasnya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)