Begini Cara Mendaftar Lintas Jurusan di UTBK SBMPTN 2022

Sabtu, 09 April 2022 - 03:32 WIB
loading...
Begini Cara Mendaftar Lintas Jurusan di UTBK SBMPTN 2022
Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi kalian yang akan memilih lintas jurusan di UTBK SBMPTN 2022 , ada beberapa persiapan yang harus dilakukan agar dapat masuk jurusan dan PTN impian. Kalian butuh persiapan ekstra karena harus mempelajari materi-materi UTBK 2022 yang berbeda dengan yang didalami saat di SMA.



Apa saja yang harus dipersiapkan untuk lintas jurusan di UTBK 2022 nanti? Simak artikel ini sampai selesai, ya.

1. Pastikan Jurusan dan PTN yang Dipilih Menerima Pendaftaran Lintas Jurusan.

Sebelum kalian memilih lintas jurusan untuk UTBK 2022 nanti, perlu mencari tahu terlebih dahulu apakah jurusan dan PTN yang kalian incar mengizinkan pendaftaran lintas jurusan atau tidak.

Sebab ada beberapa jurusan dan PTN yang tidak membuka kesempatan bagi peserta UTBK SBMPTN melakukan lintas jurusan—baik lintas jurusan Saintek ke Soshum atau sebaliknya.



Beberapa PTN yang membuka kesempatan bagi peserta UTBK 2022 untuk melakukan lintas jurusan adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Diponegoro (Undip).

Universitas-Universitas tersebut membuka pendaftaran lintas jurusan sesuai dengan syarat yang harus dipenuhi, sesuai dengan jurusan kuliah atau program studi yang kalian pilih. Jadi, tidak semua jurusan kuliah atau program studi di Universitas-Universitas tersebut membuka kesempatan bagi yang ingin lintas jurusan, ya.

Dalam lintas jurusan, biasanya peluang lintas jurusan dari Saintek ke Soshum jauh lebih besar dibandingkan dari jurusan Soshum ke Saintek. Dengan demikian, kalian yang berasal dari jurusan Saintek memiliki pilihan lintas jurusan yang lebih beragam dibandingkan dari jurusan Soshum ke jurusan Saintek.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7220 seconds (0.1#10.140)