Pelajar, Ini Cara Ampuh Menguasai Materi UTBK SBMPTN 2022

Sabtu, 09 April 2022 - 03:01 WIB
loading...
Pelajar, Ini Cara Ampuh Menguasai Materi UTBK SBMPTN 2022
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Padjajaran (Unpad) 2021. Foto/Dok/Unpad
A A A
JAKARTA - Belajar persiapan UTBK SBMPTN 2022 dengan waktu yang semakin mepet memang dapat menimbulkan rasa panik. Alih-alih fokus mempelajari materi-materi UTBK 2022 yang harus dikuasai, kalian malah semakin kebingungan mau mulai belajar persiapan UTBK SBMPTN dari mana.

Di saat seperti ini, kalian butuh cara ampuh menguasai materi UTBK agar kalian siap taklukkan UTBK 2022 nanti. Berikut adalah beberapa cara ampuh menguasai materi UTBK yang dapat kalian terapkan:

Baca juga: Calon Penerima KIP Kuliah Gagal di SNMPTN? Tenang, Masih Ada Peluang Lain

1. Belajar Aktif Secara Mental untuk Menguasai Materi UTBK 2022

Dalam menguasai materi-materi UTBK 2022, kalian harus belajar aktif secara mental. Maksudnya, proses belajar yang kalian lakukan bukan hanya untuk menghapal materi-materi UTBK 2022 saja.

Namun, kalian juga harus mampu mengerti dan memahami setiap detail materi UTBK 2022 yang sedang kalian pelajari, sampai akhirnya kalian dapat menerapkan atau mengaitkan materi-materi tersebut dengan kehidupan kalian sehari-hari.

Dengan mengaktifkan mental kalian saat belajar persiapan UTBK SBMPTN, kalian sebenarnya sedang mempraktikkan kemampuan High Order Thinking Skill (HOTS) kalian. Saat kalian membaca atau merangkum materi-materi UTBK 2022 dengan fokus pun sudah termasuk cara belajar aktif secara mental.

Baca juga: Masih Bingung Pilih Jurusan? Tengok Keunggulan Prodi Analisis Kimia IPB

Namun, memang belajar aktif secara mental ini tidak mudah. Tidak semua orang saat membaca atau merangkum materi-materi UTBK 2022, langsung dapat mengolah informasi tersebut di pikirannya, kemudian menanyakan materi-materi tersebut ke diri sendiri.

Oleh karena itu, agar kalian dapat mengaktifkan mental kalian saat belajar persiapan UTBK SBMPTN, kamu harus sering-sering membaca materi-materi UTBK 2022 dan memperbanyak latihan soal.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1610 seconds (10.177#12.26)