Calon Penerima KIP Kuliah Gagal di SNMPTN? Tenang, Masih Ada Peluang Lain

Rabu, 06 April 2022 - 11:42 WIB
loading...
Calon Penerima KIP Kuliah Gagal di SNMPTN? Tenang, Masih Ada Peluang Lain
Calon penerima KIP Kuliah gagal di SNMPTN? Masih ada peluang di jalur lain. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan siswa yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Bagi siswa yang sudah terdaftar di Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tapi gagal di SNMPTN masih terbuka peluang di jalur penerimaan lainnya.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek Abdul Kahar menyatakan, siswa yang sudah mendaftar dan layak memperoleh KIP Kuliah namun tidak lolos di SNMPTN 2022, masih berpeluang memanfaatkan bantuan dari pemerintah tersebut.

“Para pendaftar KIP Kuliah tinggal mengganti pilihan jalur seleksi ke SBMPTN, Ujian Mandiri, SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri), dan jalur lainnya, termasuk seleksi di perguruan tinggi swasta,” kata Abdul Kahar, dikutip dari laman resmi Puslapdik, Rabu (6/4/2022).

Baca: Masih Bingung Pilih Prodi di SBMPTN? Begini Solusi dari Undip

Dikatakan Abdul Kahar, persyaratan dan mekanisme pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2022 masih sama dengan tahun kemarin. Tidak ada perubahan signifikan yang terjadi. Pendaftaran KIP Kuliah 2022 sendiri mulai dibuka sejak 2 Februari sampai dengan 31 Oktober 2022.

Dalam kesempatan lain, Tim Teknis KIP Kuliah Puslapdik Soni Hartono Wijaya mengutarakan, bagi pendaftar KIP Kuliah yang gagal di SNMPTN dan ingin mencoba seleksi di SBMPTN atau jalur lain, tidak perlu membuat akun baru.

Akun KIP Kuliah itu, kata Soni, bisa dipakai untuk daftar di semua jalur seleksi. “Tidak perlu akun baru untuk masing-masing seleksi. Cukup satu akun saja,”lanjut Soni.

Begitu juga bagi pendaftar KIP Kuliah yang pernah gagal di tahun sebelumnya dan ingin kembali mendaftar di tahun ini, masih bisa mempergunakan akun yang lama di tahun sebelumnya.

Dia menjelaskan, akun KIP Kuliah ini bersifat multiyear. Jadi hanya memang perlu pembaruan dengan kembali mengisi NISN, NPSN, dan NIK karena tahunnya berbeda serta memasukkan alamat email yang valid.

Soni juga menjawab pertanyaaan mengenai siswa yang lolos seleksi SNMPTN atau jalur lainnya, namun karena berbagai hal terlambat mendaftar KIP Kuliah. Menurut Soni, siswa tersebut masih berpeluang memperoleh KIP kuliah.

“Saat registrasi ulang, sampaikan ke perguruan tinggi bahwa dirinya dengan melampirkan atau membawa bukti kepemilikan KIP, KKS atau terdaftar di DTKS atau melampirkan SKTM,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2173 seconds (0.1#10.140)