Keren, 4 Bidang Ilmu UB Naik Peringkat di QS WUR 2022

Sabtu, 09 April 2022 - 14:54 WIB
loading...
Keren, 4 Bidang Ilmu UB Naik Peringkat di QS WUR 2022
4 bidang ilmu UB naik peringkat di QS WUR by Subject 2022. Foto/Dok/Humas UB.
A A A
JAKARTA - Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi QS World University Rankings (WUR) merilis daftar perguruan tinggi paling unggul berdasarkan kelompok bidang ilmu atau By Subject 2022. Universitas Brawijaya (UB) mencatat adanya kenaikan pemeringkatan tahun ini.

QS WUR By Subject 2022 menilai 1.543 perguruan tinggi dari 161 negara dengan 51 subject bidang keilmuan, dan berdasarkan 5 indikator, masing-masing academic reputation, employer reputation, sitasi per paper, dan international research network (IRN).

Hasilnya, pada periode 2022 UB mengalami peningkatan capaian dibanding tahun 2021 yang hanya pada dua bidang ilmu spesifik (specific subject). Pada periode 2022 capaian QS UB menjadi tiga bidang ilmu sepesifik ditambah satu bidang ilmu yang luas (Broad Subject).

Tiga bidang ilmu spesifik tersebut adalah Agriculture dan Forestry peringkat 301-350, Business and Management Studies peringkat 451-500, dan Law and Legal Studies peringkat 301-340.

Baca: 20 Bidang Studi UI Tembus Ranking Dunia Versi QS WUR by Subject 2022

Sedangkan untuk bidang ilmu luas yaitu Social Sciences and Management berada pada peringkat 401-450. Sesuai rilis fact file yang dikeluarkan oleh QS, bidang-bidang lain juga memiliki skor yang cukup signifikan meskipun tidak masuk dalam daftar ranking.

Capaian ini menunjukkan bagaimana UB dapat mempertahankan kualitas agar tetap dan terus sejajar dengan perguruan tinggi top di seluruh dunia.

Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani mengatakan, pemeringkatan QS World University Ranking merupakan yang paling bergengsi di dunia karena menunjukkan kualitas dan reputasi perguruan tinggi.

“Allhamdulillah UB sudah mengawali peringkat QS by Subject sejak tahun 2020 pada bidang Agriculture dan Foresty. Di tahun 2021 bertambah subyek bussiness and management studies. Tahun ini ada Tiga bidang ilmu spesifik dan satu bidang ilmu luas yang peringkatnya naik pada versi QS Star,” katanya, melansir laman resmi UB, Sabtu (9/4/2022).

Baca juga: Selamat, Peringkat Delapan Bidang Keilmuan Unair Melesat di QS WUR by Subject 2022

Mantan Dekan Fakultas Pertanian tersebut menambahkan, dengan naiknya peringkat ini, artinya empat subyek yang dimiliki UB menjadi yang terbaik dan telah diakui dunia. “Harapan saya semoga ke depan akan terus bertambah subyek-subyek pada pemeringkatan QS WUR,” katanya.

Deputi Pemeringkatan di Lembaga Penjaminan Mutu Adharul Mutaqin menjelaskan, capaian ini menunjukkan bahwa Universitas Brawijaya terus mendapatkan rekognisi yang baik dalam jajaran perguruan tinggi tingkat internasional.

Dengan rekognisi ini, harapannya adalah Universitas Brawijaya semakin dipercaya dalam melakukan kolaborasi dan kerja sama untuk mewujudkan visinya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)