Naik 48%, 2.097 Siswa Berprestasi Nasional Mendaftar di Fakultas Vokasi ITS

Senin, 11 April 2022 - 15:09 WIB
loading...
Naik 48%, 2.097 Siswa Berprestasi Nasional Mendaftar di Fakultas Vokasi ITS
2.097 siswa berprestasi nasional mendaftar di Fakultas Vokasi ITS. Foto/Dok/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran untuk jalur Seleksi Prestasi Program Sarjana Terapan atau Vokasi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah resmi ditutup, Kamis (7/4/2022) lalu. Tercatat ada 2.097 siswa berprestasi dari seluruh Indonesia yang berminat untuk mendaftar di jalur khusus ini.

ITS juga mencatat, jumlah siswa yang berminat masuk di jalur ini mengalami kenaikan sebesar 48 % dari tahun sebelumnya. Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS Unggul Wasiwitono menjelaskan, ITS menyediakan kuota 264 kursi untuk jalur seleksi prestasi program sarjana terapan ini.

“Angka penerimaan ini merupakan 20 % dari total kuota mahasiswa baru ITS tahun 2022,” katanya, melalui siaran pers, dikutip Senin (11/4/2022).

Baca: Selamat, Tim Mobil Listrik UNY Sabet 3 Penghargaan di IIMS 2022

ITS sendiri akan mengumumkan hasil seleksi jalur prestasi sarjana terapan tahun 2022 ini pada 20 April mendatang. Pada seleksi melalui penjaringan prestasi akademik ini akan meluluskan peminat dari berbagai wilayah di Indonesia sesuai dengan kuota yang tersedia dan tersebar ke berbagai departemen yang ada di ITS.

Meski kuota yang tersedia tidak berubah dari tahun lalu, Unggul menambahkan, pada proses penyeleksian ini calon mahasiswa akan diseleksi langsung oleh ITS berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik. Unggul menilai dengan adanya jalur ini, akan membantu para siswa berprestasi untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi.

Lebih lengkap pada 2022 ini, ITS membuka seleksi untuk delapan program studi (prodi) sarjana terapan. Yakni Teknologi Rekayasa Manufaktur, Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air, Teknologi Rekayasa Konversi Energi, Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan, Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Rekayasa Teknologi Instrumentasi, Teknologi Rekayasa Otomasi, serta Statistika Bisnis.

Unggul mengutarakan, saat ini terdapat tiga jurusan favorit pendaftar yakni Prodi Statistika Bisnis dengan 527 pendaftar, Prodi Teknik Infrastruktur Sipil (Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil) sebanyak 495 pendaftar, dan Prodi Teknologi Rekayasa Kimia Industri dengan 390 pendaftar.

Baca juga: QS WUR 2022, Seni dan Humaniora Unair Masuk Peringkat 401-450 Dunia

Dengan selesainya masa pendaftaran, proses seleksi peserta saat ini tengah berlangsung hingga waktu pengumuman yang telah dijadwalkan. “Untuk total masing-masing prodi di Jalur Prestasi Sarjana Terapan ini, ITS memberi tambahan kuota 30 % dari daya tampung yang sudah diberikan, mengingat banyaknya pendaftar jalur ini,” ungkap dosen Departemen Teknik Mesin ini.

Bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi, maka dapat melakukan pendaftaran ulang yang juga dilakukan secara daring pada 9-11 Mei 2022 mendatang. Sedangkan untuk yang belum berhasil di jalur prestasi masih dapat kembali mendaftar pada jalur reguler dan jalur mandiri. “Semoga semua prosesnya berjalan dengan lancar, siswa SMA/SMK sederajat yang menaruh minat pada pendidikan vokasi dapat terus terwadahi,” tandasnya.

Unggul berharap, semua mahasiswa baru yang diterima di ITS mampu memanfaatkan dengan maksimal kesempatan untuk berkuliah di Kampus Pahlawan ini. “Harapannya, pendaftar yang diterima di ITS dari semua jalur yang telah disediakan bisa belajar dengan baik di ITS dan menyelesaikan program studi yang dipilih tepat waktu,” pungkasnya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)