Ini Tips Mengerjakan Soal Saintek UTBK SBMPTN 2022 untuk Tiap Mapel

Senin, 02 Mei 2022 - 09:28 WIB
loading...
Ini Tips Mengerjakan Soal Saintek UTBK SBMPTN 2022 untuk Tiap Mapel
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Padjajaran (Unpad) 2021. Foto/Dok/Unpad
A A A
JAKARTA - Pelaksanaan tes Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) 2022 akan dimulai 17 Mei nanti. Tentunya bagi peserta UTBK SBMPTN sudah belajar lebih maksimal menjelang pelaksanaan ujiannya nanti.

Seperti diketahui, UTBK SBMPTN 2022 membagi calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri pada tiga kelompok ujian. Yakni kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum) dan Campuran (Saintek dan Soshum).

Baca juga: Bisa Jadi Alternatif, Ini Sederet Jurusan Kuliah Kurang Diminati di UI, ITB, dan UGM

Kelompok ujian Saintek nantinya akan menemui materi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS), Bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek yang meliputi mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Waktu ujian bagi kelompok Saintek selama 195 menit.

Sementara kelompok ujian Soshum juga akan diuji dengan TPS dan Bahasa Inggris. Sementara ujian TKA-nya meliputi mata pelajaran Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Alokasi waktu ujian selama 195 menit.

Sedangkan untuk kelompok Ujian Campuran akan menemui materi ujian TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum. Alokasi waktu ujian bagi kelompok ini lebih lama dari Saintek dan Soshum yakni selama 285 menit.

Baca juga: 11.312 Peserta akan Tes UTBK di Unpad, Ini Pesan Rektor

Bagi peserta UTBK SBMPTN yang mengambil kelompok ujian Saintek, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum berjuang di arena pertempuran. Tips di bawah ini wajib kalian baca untuk memaksimalkan proses dalam mengerjakan soal UTBK Saintek dengan tepat dan lancar.

Mari kita bahas tips-tipsnya satu per satu berdasarkan kategori soalnya seperti yang dilansir dari laman resmi Ruangguru di ruangguru.com berikut ini.

1. Tips mengerjakan soal UTBK Matematika IPA
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1172 seconds (10.101#12.26)