Ahli Gizi Unair bagi Tips Kelola Kadar Kolesterol saat Puasa

Senin, 18 April 2022 - 18:35 WIB
loading...
Ahli Gizi Unair bagi Tips Kelola Kadar Kolesterol saat Puasa
Ahli Gizi Unair bagi tips kontrol kolesterol saat puasa. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang masih menjadi permasalahan umum di tengah masyarakat. Lalu bagaimana mengontrol kadar kolesterol saat berpuasa? Ahli gizi dari Universitas Airlangga (Unair) membeberkan tips sehatnya.

“Biasanya kalau di Indonesia itu menu berbuka banyak banget ya. Tapi punya kecenderungan makanan yang manis, bersantan, dan berminyak. Nah, itu yang sebaiknya dihindari oleh penderita yang tinggi kolesterol,” ujar Ahli Gizi Unair Stefania Widya Setyaningtyas, dilansir dari laman resmi Unair, Senin (18/4/2022).

Selain itu, Stefania menganjurkan untuk mengurangi konsumsi gula yang berlebihan. Ia menjelaskan, mengonsumsi gula yang berlebihan itu akan meningkatkan lemak darah. Yang mana akan diubah oleh tubuh menjadi lemak.

Baca: Quipper Gelar Tryout UTBK Nasional Gratis, Diikuti 46.000 Siswa

“Yang perlu dibatasi itu makanan sumber kolesterol. Makanan sumber koesterol ini biasanya ada di lauk hewani yang berasal dari hewan. Misalnya, susu, daging hewani, dan jeroan. Mungkin bisa pilih menu berbuka dengan kadar kolesterol yang rendah. Misalnya, daging berwarna putih,” tambahnya.

Batasi Sumber Lemak

Selain menjelaskan makanan, Stefania menyebut semua jenis minuman bebas dipilih asal tidak berasal dari sumber hewani. Ia juga menegaskan bahwa untuk mengontrol kadar kolesterol juga perlu menghindari sumber lemak.

“Jadi, sumber lemak ini bisa dari nabati dan hewani. Nah lemak ini ada yang baik dan yang jahat,” sambungnya

Lemak yang baik adalah lemak yang efeknya menurunkan kadar kolesterol. Misalnya, lemak tidak jenuh, lemak omega, biji-bijian, dan minyak yang tidak dipanaskan. Selain itu, Ia menjelaskan untuk menghindari kolesterol sendiri bisa dengan melakukan aktivitas fisik dan istirahat dengan cukup.

Membagi Waktu Makan saat Puasa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2141 seconds (0.1#10.140)