Ingin Menjadi Programmer Otodidak yang Handal? Begini Caranya

Senin, 18 April 2022 - 21:14 WIB
loading...
Ingin Menjadi Programmer Otodidak yang Handal? Begini Caranya
Jurusan Programmer. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Saat ini profesi programmer semakin diminati, apalagi bagi kalangan anak muda. Minat mereka pada dunia teknologi menjadi semakin besar karena memang baik perusahaan dalam maupun luar negeri membutuhkan jenis profesi ini. Bayaran yang diberikan juga tergolong menjanjikan dan akan terus meningkat seiring bertambahnya skill.

Kabar baiknya, profesi ini bisa dijalani walaupun tidak memiliki latar belakang pendidikan Teknik Informatika. Pertanyaannya adalah, apakah belajar menjadi programmer bisa otodidak? Untuk Anda yang tertarik dengan jenis pekerjaan ini, simak panduan menjadi programmer otodidak berikut ini.



1. Belajar dari Algoritma Dasar Dahulu

Langkah pertama jika Anda ingin menjadi programmer secara otodidak adalah dengan mempelajari algoritma dari dasar. Algoritma khususnya dalam pemrograman adalah sekumpulan pernyataan yang dibuat untuk menyelesaikan permasalahan secara sistematis.

Penggunaan algoritma ini diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman. Jika Anda berhasil menguasai algoritma dasar langkah selanjutnya untuk belajar pemrograman akan lebih mudah.

2. Tentukan Bahasa Pemrograman yang Digunakan

Saat ini bahasa pemrograman semakin beragam, perkembangannya juga semakin pesat. Namun, Anda tidak diharuskan untuk menguasai semua itu secara bersamaan. Mulailah dengan memilih bahasa pemrograman yang lebih mudah untuk dipelajari agar tidak terlalu membebani saat belajar otodidak nanti.



HTML merupakan bahasa pemrograman yang terhitung mudah untuk dipelajari sendiri, apalagi sifatnya open-source sehingga bisa digunakan secara gratis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2341 seconds (0.1#10.140)