43 Laboratorium Fakultas Teknik UI Raih Sertifikat ISO Berstandar Internasional

Selasa, 19 April 2022 - 16:32 WIB
loading...
43 Laboratorium Fakultas Teknik UI Raih Sertifikat ISO Berstandar Internasional
Sebanyak 43 laboratorium di tujuh departemen yang berada di lingkungan FTUI berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 45001:2018. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Fakultas Teknik Universitas Indonesia ( FTUI ) kembali menorehkan capaian yang membanggakan. Sebanyak 43 laboratorium di tujuh departemen yang berada di lingkungan FTUI berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 45001:2018. Sertifikasi ini adalah standar internasional pertama di dunia yang menetapkan persyaratan atau pedoman untuk Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

Laboratorium yang meraih sertifikat ISO 45001:2018 tersebut merupakan tempat pendidikan dan penelitian yang tersebar di Departemen Teknik Sipil (5 laboratorium), Departemen Teknik Mesin (8 laboratorium), Departemen Teknik Elektro (9 laboratorium), Departemen Teknik Metalurgi dan Material (6 laboratorium), Departemen Arsitektur (2 laboratorium), Departemen Teknik Kimia (8 laboratorium) dan Departemen Teknik Industri (6 laboratorium).



“Pelaksanaan audit sertifikasi ISO 45001:2018 FTUI dilaksanakan pada 4-5 November 2021 oleh pihak DQS Certification Indonesia, dan sertifikat diterbitkan pada 6 Januari 2022. Pelaksanaan audit dilaksanakan secara daring diikuti oleh pimpinan fakultas, pimpinan departemen, koodinator K3, kepala laboratorium terkait, dan laboran yang akan diaudit. Sebelum pelaksanaan audit sertifikasi dilakukan, telah dilakukan beberapa kegiatan pendahuluan yang merupakan mandatory activities seperti audit internal dan rapat tinjauan manajemen,” kata Dr. Ir. Hendri D. S. Budiono, M.Eng., penggagas pelaksanaan sertifikasi ini dan merupakan mantan dekan FTUI, dalam keterangan pers, Selasa (19/4/2022).

Dekan FTUI Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU mengapresiasi pencapaian ini, dan mengatakan, “Sertifikasi ISO 45001:2018 melengkapi serfikasi 14001:2015 yang telah terlebih dahulu diperoleh ke-43 laboratorium pendidikan dan penelitian FTUI pada tahun 2020. Saat ini, FTUI sudah dapat memberikan jaminan keselamatan lingkungan dari sisi regulasi dan informasi dan juga jaminan pengelolaan risiko dan peluang K3, menciptakan tempat kerja yang sehat dan aman, serta untuk melindungi aset terpenting organisasi serta sumber daya manusia yang dimiliki,” terangnya.

Sertifikasi ini merupakan komitmen FTUI untuk memberikan perlindungan kepada dosen, mahasiswa dan staf departemen dari potensi bahaya, terutama pada saat melakukan aktivitas fisik di dalam laboratorium dan kegiatan rutin lainnya. Manfaat lain adalah meningkatnya perlindungan terhadap dokumen penting dan aset fisik misalnya terkait risiko kebakaran, pemenuhan persyaratan pada peraturan dan undang-undang tentang kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dan mengurangi biaya melalui pencegahan kecelakaan kerja yang dapat menimbulkan kerugian pada aset.



“FTUI terus berbenah untuk bergerak lebih cepat, bekerja lebih keras, berstrategi lebih cerdas untuk terus memperkokoh peningkatan perannya di tingkat nasional dan internasional dan menjadi salah satu institusi pendidikan keteknikan terdepan di kawasan Asia Tenggara. Dalam mengantisipasi perubahan jaman dan persaingan global, FTUI terus menata dirinya menjadi FTUI yang Unggul dan Berdampak sehingga mampu mengatasi tantangan global dengan cara yang inovatif, unggul, serta berwawasan jauh ke depan. Dengan sertifikasi ini, diharapkan kepercayaan masyarakat dan stakeholder dapat meningkat melalui kebijakan K3 yang dimiliki oleh FTUI,” kata Heri.

Selain ISO 45001:2018, FTUI juga telah tersertifikasi untuk beberapa standar manajemen lainnya, yaitu sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 untuk lingkup seluruh kegiatan administrasi di departemen dan bidang/unit kerja pada tahun 2015 --dan sertifikasi ulang pada 2019--, sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2015 untuk lingkup seluruh laboratorium pendidikan dan penelitian di 7 Departemen pada 2020, serta sistem manajemen laboratorium ISO 17025 untuk Laboratorium Uji Material Departemen Teknik Metalurgi dan Material dan Laboratorium Uji Lingkungan Departemen Teknik Sipil.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)