Sederet Jurusan Kuliah Bergaji Fantastis hingga Rp100 Juta per Bulan, Tertarik?

Rabu, 20 April 2022 - 06:00 WIB
loading...
Sederet Jurusan Kuliah Bergaji Fantastis hingga Rp100 Juta per Bulan, Tertarik?
Jurusan Teknik Pertambangan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pertimbangan minat dan bakat harus menjadi alternatif utama memilih jurusan di perguruan tinggi. Namun, tidak dapat dipungkiri ada beberapa jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja luas dan bergaji besar yang berpeluang menjadi kaya dan masa depan sejahtera.

Melansir laman resmi fintech untuk pendidikan Pintek di pintek.id, Rabu (20/4/2022), tidak bisa dipungkiri kalau setiap orang tentu berharap bisa mudah mendapat pekerjaan dengan gaji yang tinggi.



Terlebih jika biaya kuliah yang sudah dikeluarkan di kampus sudah sedemikian tinggi. Lalu apa saja jurusan kuliah dengan peluang kerja yang tinggi di masa depan dengan potensi gaji yang besar? Simak ulasan 7 jurusan kuliah berikut ini.

1. Teknik Pertambangan

Jurusan kuliah teknik pertambangan juga bisa memberikan gaji besar saat sudah bekerja yaitu kisaran Rp11 juta hingga Rp32 juta per bulan.

Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari proses penambangan mulai dari minyak, gas bumi, batu bara dan lainnya. Bahkan, juga akan mempelajari eksploitasi bahan tambang hingga pemasarannya.



Untuk jurusan teknik pertimbangan itu sendiri juga bisa bekerja di berbagai sektor seperti di industri semen hingga perusahaan pembangkit listrik.

2. Kedokteran

Menjadi seorang dokter memang dapat memberikan penghasilan yang tinggi. Bayangkan saja, biaya konsultasi untuk dokter spesialis di Indonesia bisa mencapai Rp500 ribu per kunjungan. Belum ditambah dengan biaya tindakan seperti operasi dan lain sebagainya.

Tidak heran kalau seorang dokter spesialis bisa mendapatkan gaji hingga Rp100 juta per bulan. Gaji tersebut tidak termasuk dengan penghasilan membuka praktek sendiri.

Akan tetapi, untuk bisa menjadi seorang dokter spesialis, terlebih dulu harus mengeluarkan biaya kuliah yang sangat tinggi dan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan gelar sebagai dokter spesialis.

Meskipun biaya pendidikannya cukup tinggi, namun rasanya sepadan dengan gaji yang akan didapatkan nantinya.

3. Teknik Informatika

Seiring dengan perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih, banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan di bidang IT seperti programmer, developer ataupun software engineer.

Oleh karena itu, lulusan sarjana informatika atau teknik informatika menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak dibutuhkan. Bahkan, pekerja IT bisa dibilang lebih mudah meniti karier dan mendapatkan gaji besar.

Berdasarkan survei gaji yang dilakukan oleh National Association of Colleges and Employers (NACE) pada 2018 lalu, rata-rata gaji seorang programmer di Amerika bisa mencapai Rp919 juta per tahun. Sedangkan di Indonesia, bisa mendapatkan gaji di atas Rp10 juta per bulan.

4. Psikologi

Setiap perusahaan baik corporate maupun startup tentu membutuhkan seorang HRD untuk mengelola sumber daya manusia, salah satunya yaitu mengembangkan SDM agar dapat bekerja secara terstruktur dan mencapai tujuan perusahaan.

Untuk bisa bekerja sebagai HRD, syaratnya harus mengambil jurusan kuliah psikologi untuk dapat mempelajari karakteristik seseorang. Hal tersebut bertujuan agar karyawan yang direkrut sesuai dengan pekerjaan.

Tidak heran kalau jurusan kuliah yang satu ini banyak diminati orang, salah satunya juga karena bisa menghasilkan gaji yang besar bahkan bisa mencapai belasan juta rupiah untuk tingkat manajer.

5. Teknik Penerbangan

Teknik penerbangan masih menjadi primadona banyak orang karena dapat bekerja sebagai teknisi pesawat. Profesi tersebut terbilang sama pentingnya dengan seorang pilot di dunia penerbangan.

Coba bayangkan jika tidak ada teknisi pesawat, tentu tidak akan ada orang yang berani menggunakan pesawat sebagai moda transportasi. Itulah kenapa, profesi di bidang ini bisa mendapatkan gaji rata-rata Rp20 juta hingga Rp25 juta setiap bulannya.

Saat mengambil jurusan kuliah teknik penerbangan nanti, mahasiswa akan belajar cara merancang hingga mengoperasikan pesawat terbang, satelit dan roket.

6. Teknik Perminyakan

Lulusan teknik perminyakan memiliki peluang yang sangat besar untuk mendapatkan gaji yang besar. Bagaimana tidak, lulusannya akan dapat bekerja di perusahaan besar di Indonesia seperti Pertamina hingga Chevron.

Rata-rata gaji yang diperoleh seseorang yang bekerja di sektor perminyakan bisa mencapai Rp20 juta setiap bulan.

7. Arsitektur

Selama masih ada pembangunan, maka dunia arsitektur tidak akan pernah mati. Itulah kenapa kuliah jurusan arsitektur bisa menjadi pilihan terbaik buat kamu yang ingin mendapatkan gaji besar.

Untuk arsitek entry level bisa mendapat gaji sekitar Rp7 juta. Sedangkan untuk tingkat manajer gaji yang diperoleh bisa mencapai Rp15 juta hingga Rp50 juta per bulannya.

Sama halnya seperti kedokteran, jurusan arsitektur juga diharuskan untuk mengambil program profesi sekitar satu tahun. Pasalnya, seorang arsitek harus dapat mendesain gedung atau bangunan yang tak hanya menarik tapi juga harus aman.

Demikian ulasan jurusan kuliah yang memiliki banyak peluang kerja dan menawarkan gaji besar. Semoga bisa menjadi referensi saat menempuh studi di perguruan tinggi nanti ya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2595 seconds (0.1#10.140)