Tokoh dan Artis Lulusan ITB yang Moncer dengan Kariernya, Nomor 3 Penguasa Jabar

Rabu, 20 April 2022 - 03:37 WIB
loading...
Tokoh dan Artis Lulusan ITB yang Moncer dengan Kariernya, Nomor 3 Penguasa Jabar
Tokoh dan artis lulusan ITB. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki sejarah panjang di bumi pertiwi. Kampus yang berkedudukan di Bandung ini merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia Belanda. Sejarahnya bisa dirunut sejak awal abad ke 20 lalu.

ITB kini dikomandani oleh seorang rektor perempuan yakni Prof Reini Djuhraeni Wirahadikusuma. ITB yang menjadi PTN Badan Hukum (PTN BH) pada 14 Oktober 2013 ini saat ini memiliki 12 fakultas dan 128 program studi.

Baca juga: 6 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Politik yang Menjanjikan, Nomor 4 Paling Diburu

Menjadi perguruan tinggi bergengsi dan dilengkapi program studi dan fasilitas perkuliahan yang mumpuni pasti akan membuat orang tertarik kuliah di kota yang berjuluk Paris Van Java ini.

Mantan Presiden Soekarno tercatat meneruskan sekolahnya di ITB yang pada masa itu dikenal dengan nama Technische Hoge School. Bung Karno mengambil jurusan teknik sipil pada 1921.

Presiden ketiga RI BJ Habibie pun juga belajar teknik mesin di fakultas teknik ITB pada 1954. Namun tidak hanya mantan presiden yang menimba ilmu di kampus yang sudah berusia lebih dari 100 tahun ini.

Baca juga: Hasil Seleksi Guru PPPK Tahap II Diumumkan, Cek di Sini

Beberapa tokoh dan artis Indonesia pun tercatat menjadi alumni ITB. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini daftar tokoh dan artis yang pernah menuntut ilmu di kampus yang masuk dalam 100 besar kampus di asia versi QS WUR 2021 ini.

1.Pramono Anung

Pramono Anung lahir di Kediri, 11 Juni 1963. Pendidikan sekolah dasar hingga menengah diselesaikannya di Kediri. Kemudian dia melanjutkan S1 di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Pertambangan angkatan 1982. Kini, dia dipercaya Presiden Joko Widodo menjadi Sekretaris Kabinet periode 2019-2024.

2. Hatta Rajasa
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1307 seconds (11.97#12.26)