6 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Politik yang Menjanjikan, Nomor 4 Paling Diburu

Kamis, 16 Desember 2021 - 19:51 WIB
loading...
6 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Politik yang Menjanjikan, Nomor 4 Paling Diburu
Sidang tahunan MPR/DPR. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi yang tertarik bekerja di dunia politik dan pemerintahan jurusan ilmu politik bisa menjadi pilihan yang tepat. Jurusan ini juga cocok bagi mahasiswa yang memiliki daya analisis kuat dan juga kritis.

Mata kuliah yang akan dipelajari di ilmu politik ini terdiri dari pengantar ilmu politik, pengantar ilmu sosiologi, pengantar ilmu antropologi, sistem politik Indonesia, pemikiran politik barat, Hak Asasi Manusia (HAM), dan lain sebagainya.

Baca juga: Pentingnya Skill Komunikasi bagi Content Creator di Era Digital

Lalu bagaimana peluang kerja lulusan ilmu politik? Melansir laman lifepal.co.id, prospek kerja lulusan ilmu politik bisa menjadi anggota legislatif hingga pekerja profesional di bidang humas.

Berikut ini 6 prospek kerja dan juga kisaran gaji yang akan didapat.

1. Anggota Legislatif
Prospek kerja jurusan ilmu politik pertama yang bisa dipertimbangkan ialah menjadi anggota legislatif. Ilmu yang telah dipelajari selama kuliah bisa digunakan dalam profesi yang satu ini.

Baca juga: Intip Jurusan Arkeologi dan Sederet Peluang Kerjanya, Nomor 2 Paling Keren

Hanya saja, jika ingin menjadi anggota legislatif memerlukan modal yang kuat dan dukungan dari partai untuk maju sebagai calon legislatif. Untuk kisaran gajinya sendiri berada di angka Rp4 jutaan hingga Rp7 jutaan untuk pemula per bulannya.

2. Dosen atau Guru
Kedua, lulusan ilmu politik bisa memilih pekerjaan sebagai dosen atau guru bagi yang memiliki gelar sarjana ilmu politik. Untuk menjadi dosen maka perlu melanjutkan pendidikan setidaknya sampai jenjang Magister atau S2, sebab pemerintah memberlakukan hal tersebut demi meningkatkan mutu pendidikan. Untuk kisaran gajinya juga lumayan yakni di angka Rp4 jutaan hingga Rp15 jutaan untuk tingkat pemula.

3. Management Trainee
Profesi lainnya yang bisa dilamar ialah sebagai Management Trainee. MT sendiri biasanya membuka lowongan untuk semua jurusan kuliah, termasuk ilmu politik.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1672 seconds (11.210#12.26)