ITS Buka Jalur Prestasi dan IUP Gelombang II, Segera Daftar!

Kamis, 21 April 2022 - 19:39 WIB
loading...
ITS Buka Jalur Prestasi dan IUP Gelombang II, Segera Daftar!
ITS buka peluang PMB jalur prestasi dan IUP gelombang II. Foto/Dok/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menggelar sosialisasi pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Prestasi dan IUP gelombang II. Untuk jalur prestasi pendaftar kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bisa juga mendaftar.

Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Admisi ITS Dr Eng Unggul Wasiwitono menjelaskan, ITS telah membuka pendaftaran khusus di jalur prestasi. Dengan syarat pendaftaran yaitu dikhususkan untuk calon mahasiswa baru yang memiliki segudang prestasi sesuai dengan ketentuan yang ditawarkan ITS dan/atau memiliki predikat prestasi luar biasa.

Dalam seleksi ini, calon mahasiswa tidak akan dikenakan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau yang biasa dikenal dengan uang gedung. Dengan artian, calon mahasiswa hanya dikenakan untuk biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semesternya yang setara dengan UKT jalur mandiri.

"Di jalur ini pun, kami tidak menutup kemungkinan bagi calon pendaftar penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K)," terangnya, melalui siaran pers, Kamis (21/4/2022).

Baca: Orang Tua, Ini 6 Tips Mengenalkan Anak Berpuasa dari Dokter RSA UGM

Kemudian dilanjutkan untuk PMB Jalur IUP. Saat ini ITS sudah menyediakan 17 departemen dalam program sarjana untuk IUP ini yang berada dalam enam fakultas yang akan menerima calon mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023. “Enam fakultas itu adalah Scentics, Indsys, Civplan, Martech, Electics, dan Creabiz,” papar Unggul.

Adapun untuk program studi yang ditawarkan pada IUP ini antara lain adalah Statistika, Teknik Mesin, Teknik Sistem dan Industri, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Materal dan Metalurgi, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Teknik Geomatika, dan Teknik Geofisika. Selain itu, terbuka juga untuk Teknik Perkapalan, Teknik Kelautan, Teknik Elektro, Sistem Informasi, Teknik Informatika, serta Manajemen Bisnis.

Unggul menyebutkan, mahasiswa IUP ITS mendapatkan kemudahan untuk mengikuti berbagai kegiatan internasionalisasi tanpa tambahan biaya pendidikan lagi. “Tentu hal tersebut tergantung kebijakan masing-masing universitas mitra, tetapi pada umumnya mahasiswa hanya perlu membayar kembali untuk biaya hidup di negara tempat exchange saja,” tuturnya.

Dijelaskan pula bahwa program ini ditawarkan secara umum yang dapat diikuti oleh Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang lulus pada tahun terkait. Atau dengan ketentuan lain, telah melakukan 12 tahun wajib belajar ataupun telah lulus dari sekolah tingkat akhir paling lama tiga tahun.

Adapun dokumen yang perlu dilampirkan adalah transkrip rapor, sertifikat kemampuan bahasa Inggris, motivation letter, dan surat persetujuan orang tua. Untuk calon pendaftar yang berasal dari luar negeri, wajib pula melampirkan surat keterangan sehat, surat rekomendasi, serta paspor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2382 seconds (0.1#10.140)