Orang Tua, Ini 6 Tips Mengenalkan Anak Berpuasa dari Dokter RSA UGM

Kamis, 21 April 2022 - 15:38 WIB
loading...
Orang Tua, Ini 6 Tips Mengenalkan Anak Berpuasa dari Dokter RSA UGM
Tips mengenalkan anak berpuasa. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Halo para orang tua, apakah Anda sedang mengajarkan anak-anak Anda untuk berpuasa ? Jika iya, berarti Anda layak untuk menyimak beberapa tips yang akan diberikan oleh dokter spesialis anak Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM) dr. Fita Wirastuti berikut ini.

Namun, sebelum membaca tips-tips ketika mengenalkan puasa pada anak, para orang tua harus mengetahui terlebih dahulu prinsip dasarnya. Prinsip dasarnya adalah dimana para orang tua harus mengetahui bahwa anak-anak adalah pribadi pengamat dan peniru.

Oleh karena itu, dr. Fita Wirastuti meminta para orang tua untuk berhati-hati ketika berkegiatan sehari-hari. Jika sang anak diharapkan dapat melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan baik, maka orang tua tentu sudah harus melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dengan baik terlebih dahulu.

“Kalau orang tuanya sering mengaji dan sering mengisi Ramadhan ini dengan kegiatan yang bermanfaat, mereka (anak-anak) akan mengikutinya. Begitu juga dengan (perihal) berpuasa: kalau orang tuanya minta anaknya berpuasa, tentu orang tuanya harus berpuasa (terlebih dahulu)…. Jadi sebetulnya orang tua tidak perlu terlalu banyak memberikan aturan, tapi yang penting adalah dengan mengajarkan dengan langsung memberikan contoh,” tuturnya, dilansir dari laman resmi UGM, Kamis (21/4/2022).

Baca: Mahasiswa ITS Bikin Aplikasi Bantu Fresh Graduate Cari Kerja

Kiat-kiat dalam memperkenalkan puasa kepada anak-anak

Pertama, mulailah dengan perlahan, mudah dan menyenangkan. Pada hari-hari biasa (bukan puasa), anak-anak makan tiga kali sehari. Ketika memperkenalkan puasa, maka caranya adalah dengan sedikit-sedikit menjarakkan waktu makan tersebut.

“Ketika dia mulai diajarkan untuk berpuasa, mulai kita jarangkan fase antar makan menjadi 4-6 jam. Kemudian nanti bertambah lagi jadi 8 jam, kemudian bertambah lagi jadi 10 jam, sampai pada akhirnya dia bisa fase puasa penuh,” kata dr. Fita.

Kedua adalah mempersiapkan makanan yang “kaya” dan sehat, baik sahur maupun berbuka. Kaya yang dimaksudkan disini adalah kepada nutrisi-nutrisi dalam makanan. Dokter Fita mengatakan bahwa komposisi antara karbohidrat, protein, dan lemak harus seimbang. Dengan kecukupan gizi disini, nutrisi anak dapat terpenuhi dan kuat menjalankan puasa.

Ketiga jangan berikan kompensasi berlebihan. Dokter Fita mengatakan bahwa puasa hanya menggeser waktu makan di hari-hari biasa. Dimana sarapannya itu dipagikan menjadi sahur; sementara makan siangnya disorekan menjadi berbuka; dan makan makan malamnya digeser menjadi setelah tarawih. Jadi jangan sampai ada kiat “balas dendam” atau penggandaan porsi makan ketika sahur, sebab hal itu sangat tidak disarankan.

Baca juga: Hebat, FT UI Juara Pertama Lomba Desain Jembatan NTU Singapura
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)