Puasa Jangan Malas Belajar, Ini 5 Tips Biar Tetap Semangat

Jum'at, 08 April 2022 - 14:30 WIB
loading...
Puasa Jangan Malas Belajar, Ini 5 Tips Biar Tetap Semangat
5 tips tetap semangat belajar di bulan puasa. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Bulan Ramadhan telah datang dan tibalah umat Islam berpuasa. Meski akan terasa lesu karena harus menahan lapar dan haus namun bagi pelajar harus tetap semangat untuk belajar .

Bulan suci Ramadhan adalah waktu yang tepat, tidak hanya untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya, tetapi juga membiasakan diri untuk lebih disiplin dalam hidup.

Bulan puasa juga jangan sampai para pelajar bermalas-malasan atau merasa lesu, namun harus tetap bisa tetap belajar, apalagi ini juga menjadi bagian dari ibadah.

Supaya kita tetap bisa semangat menjalani hari-hari sebagai pelajar di bulan puasa ini, simak beberapa tips belajar saat bulan puasa, biar tetap semangat yang dikutip dari laman resmi Kelas Pintar berikut ini.

Baca: Belajar Daring Penuh Tantangan? Begini 5 Solusi Efektif dari Psikolog

1. Sahur dengan Makanan Bergizi

Waktu sahur merupakan waktu bagi kita untuk mengonsumsi makanan agar tubuh tetap memiliki asupan yang cukup ketika berpuasa. Karena itu, pastikan menu makanan sahur terdiri dari makanan yang bergizi dan bernutrisi supaya tubuh tidak lemas.

Makanan yang berkarbohidrat kompleks seperti nasi merah dan umbi-umbian menjadi pilihan yang baik. Kalian juga memerlukan asupan protein dari ayam, tempe, dan tahu, dilengkapi dengan vitamin dan serat dari sayur dan buah-buahan. Jangan lupa juga untuk minum air yang cukup supaya tubuh tidak dehidrasi ketika berpuasa.

2. Belajar setelah Sahur dan Menjelang Berbuka

Setelah sahur, biasanya apa yang kalian lakukan? Kalau jawaban kalian adalah tidur, sebaiknya dihindari di bulan puasa ini. Karena tubuh baru terisi oleh makanan, setelah sahur adalah waktu yang optimal untuk belajar. Otak menjadi lebih awas dan mudah menyerap pelajaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5624 seconds (0.1#10.140)