4 Tips Belajar Cepat ala Richard Feynman, Fisikawan Pemenang Nobel

Kamis, 07 September 2023 - 07:30 WIB
loading...
4 Tips Belajar Cepat ala Richard Feynman, Fisikawan Pemenang Nobel
4 tips belajar cepat ala Richard Feynman. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Teknik Feynman merupakan sebuah teknik pembelajaran yang diturunkan dari seorang fisikawan terkenal dari Amerika bernama Richard Feynman. Ada empat teknik untuk belajar efektif supaya cepat menguasai materi.

Teknik ini melibatkan sebuah pemikiran sederhana untuk memahami suatu permasalahan ataupun konsep yang cukup rumit. Dengan ini, kita harus mencari cara atas konsep belajar yang akan mudah dipahami oleh murid agar proses belajar berjalan dengan efektif.

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya kesulitan belajar, apalagi untuk pelajaran yang menggunakan rumus-rumus seperti matematika, walaupun tidak semua orang tapi banyak yang merasa kesulitan memahami materi tersebut. Bahkan, kamu sudah mengikuti bimbel offline maupun online, tapi hasilnya pun sama saja?

Baca juga: SMAN Unggulan MH Thamrin Antarkan DKI Jakarta Juara Umum OSN 2023

Untuk itu, kamu harus tahu empat tips belajar cepat ala Richard Feynman ini supaya kamu cepat mengerti materi yang ingin kamu pelajari.

Richard Feynman, salah seorang fisikawan berpengaruh pada abad ke 20 ini menciptakan karya utama yakni perluasan teori elektrodinamika kuantum yang membuat dia menjadi salah satu penerima hadiah Nobel Fisika 1965 bersama Julian Seymour Schwinger dan Tomonaga Sin-Itiro.

4 Tips Belajar ala Richard Feynman

1. Pilih topik yang ingin dipelajari


Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih sebuah topik yang ingin dibahas dan kamu ingin memahaminya dengan baik. Kemudian baca dan jelaskan dengan bahasamu sendiri. Saat kamu ingin presentasi, bisa berlatih di depan kaca yang seolah ada orang lain sedang mendengarkan presentasimu atau bisa juga dengan merekam suara sendiri kemudian dengakan, apakah kamu sudah cukup memahami materi atau belum.

2. Pelajari bagian yang belum dimengerti


Ketika kamu sedang ingin memahami sesuatu dan ada beberapa hal yang belum kamu mengerti, kamu bisa mencatatnya untuk kamu cari tahu lebih dalam melalui internet, materi yang diberikan guru, ataupun dari buku.

Baca juga: Hadirkan Beragam Kemeriahan, Gelaran Festival Budayaw IV Kolaborasi Empat Negara Berlangsung Sukses

3. Tuliskan dalam bentuk catatan yang sederhana


Saat kamu sedang mempelajari sesuatu, perlu buat kamu mencatat ulang materi tersebut dengan lebih rapih. Hal yang kamu catat hanya perlu berisi inti dari materi tersebut dan pastikan kamu dapat memahaminya.

4. Ajarkan ke teman atau orang lain


Teknik yang terakhir ini cukup menantang, karena kamu harus mencari cara lebih dulu konsep belajar supaya yang sedang di pelajari bisa dipahami oleh orang lain. Hal ini juga akan menjadi penilaian diri sendiri terkait pemahaman kamu terhadap materi tersebut.

Untuk kamu yang sulit untuk memahami sesuatu, sehingga menghambat proses belajar kalian, yuk kita coba empat teknik belajar cepat ala Richard Feynman ini.

Semoga setelah kamu menerapkannya dalam konsep belajar, kamu akan lebih mudah memahami suatu materi lainnya. Semoga berhasil!

MG/Talitha Lutfiana Safa
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)