Ini Sederet Nama Menteri Lulusan IPB University

Jum'at, 22 April 2022 - 22:02 WIB
loading...
Ini Sederet Nama Menteri Lulusan IPB University
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Foto/Dok/KLHK
A A A
JAKARTA - Sebagian besar Menteri lulusan IPB tentunya mejabat menteri pertanian atau menteri kehutanan di berbagai kabinet. Tak sedikit dari mereka bertahan hingga beberapa periode kepemimpinan presiden.

IPB atau Institut Pertanian Bogor merupakan lembaga penididkan tinggi pertanian yang secara historis merupakan gabungan dari lembaga-lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian serta kedokteran hewan yang dimulai telah pada awal abad ke-20 di Bogor.



Tak sedikit para alumni yang menjabat sebagai menteri. Berikut Menteri lulusan IPB yang dirangkum dari berbagai sumber :

1. Siti Nurbaya Bakar

Perempuan kelahiran 1956 ini merupakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dua periode kepemimpinan Presiden Jokowi. Periode pertama di kabinet kerja 2014-2019. Kedua pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

2. Nur Mahmudi Ismail

Siapa yang tidak kenal dengan nama Nur Mahmudi. Ya, wali Kota Depok dua periode itu rupanya pernah mejabat sebagai Menteri Kehutanan dan Perkebunan Indonesia di Kabinet Persatuan Nasional pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid dan Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri sejak 29 Oktober 1999 hingga 15 Maret 2001.

3. Bungaran Saragih

Menteri Lulusan IPB yang bergelar profesor ini meggantikan Nur Mahmudi menjadi menteri Pertanian di bawah kepemimpinan Abdurrahman Wahid yang diteruskan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri sejak tahun 2000 hingga 2004.

Itulah beberapa menteri lulusan IPB yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3441 seconds (0.1#10.140)