Keren, Tim Mahasiswa Universitas Pertamina Juara 1 Kompetisi Logistic Champ 2022

Senin, 25 April 2022 - 01:21 WIB
loading...
Keren, Tim Mahasiswa Universitas Pertamina Juara 1 Kompetisi Logistic Champ 2022
Tim Mahasiswa Uper memenangkan Juara 1 kompetisi Logistic Champ 2022 kategori Green Packaging. Foto/Dok/Uper
A A A
JAKARTA - Tim Mahasiswa Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina (Uper) memenangkan Juara 1 kompetisi Logistic Champ 2022 kategori Green Packaging.

Anggota tim yang terdiri dari Hermawan Davied Kusuma, Rohma Herlina, dan Arif Fajar Nursidik berhasil menciptakan inovasi baru berupa produk kemasan ramah lingkungan.



Juara 3 untuk kategori di ajang yang sama juga diraih oleh Tim dari Universitas Pertamina beranggotakan Echa Prety Claudia, Sinta Cucu Ayuni, dan Pauline Nancy Deslin Layman.

Sementara itu, dua mahasiswa asal Universitas Pertamina lainnya yakni Nursabila dan Eduardus Eka Ramanditya, meraih Juara 1 dan 2 di kategori Fotografi.

“Green lifestyle, sustainable lifestyle, dan zero waste di kalangan Milenial dan Gen Z saat ini trennya sedang naik. Mereka getol mendukung dan menggunakan merek yang memberikan perhatian pada lingkungan berkelanjutan. Selain menguntungkan dari segi ekonomi, inovasi green packaging ini, cocok untuk menjadi salah satu sarana edukasi dan kampanye,” ungkap Davied, dalam keterangan pers, Minggu (24/4/2022).



Kemasan ramah lingkungan yang digagas oleh Davied dan tim, terutama dibuat untuk mengemas daging. “Kami amati di pasaran, kemasan ramah lingkungan untuk produk daging segar masih sangat sedikit. Karena, daging yang merupakan produk fresh food kualitasnya dapat menurun akibat pertumbuhan mikroba. Sehingga, kemasannya tentu harus dapat mengurangi tingkat oksidasi dan mempertahankan lipid dari protein pada daging,” tutur Davied.

Kemasan ramah lingkungan tersebut, lanjut Davied, terbuat dari edible vakum film dengan kombinasi pencampuran karagenan dan daun jati. Kandungan ini berfungsi sebagai pengawet alami, sehingga diklaim dapat meningkatkan kualitas daging selama proses penyimpanan dan distribusi. Davied dan tim optimis, produknya dapat membantu mengurangi penggunaan plastik.

Pada 2025, Pemerintah Indonesia memiliki target untuk menurunkan pencemaran sampah plastik di laut hingga 70 persen. Ada pun, pada 2040 mendatang, pemerintah siap berkomitmen untuk menurunkan tingkat pencemaran sampah plastik di laut hingga 0 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2627 seconds (0.1#10.140)