Ganjar Tantang Mahasiswa Jateng-DIY Kembangkan Ide Kreatif di Kompetisi Hackathon 2022

Selasa, 26 April 2022 - 06:48 WIB
loading...
Ganjar Tantang Mahasiswa Jateng-DIY Kembangkan Ide Kreatif di Kompetisi Hackathon 2022
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama sejumlah mahasiswa di salah satu kampus di Jateng. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditantang untuk mengembangkan ide kreatifnya seputar dunia digital dengan tajuk 'Event Hackathon 2022'

Kompetisi Hackathon 2022 ini digelar oleh Sahabat Ganjar mengusung tema Building And Empowering Indonesia, yang bertujuan menggali peran mahasiswa dalam pembangunan Indonesia melalui mobile app yang inovatif.

Baca juga: Petani Gunungkidul dan Sahabat Ganjar Siap Antarkan Gubernur Jateng Maju Pilpres 2024

Sahabat Ganjar juga memberikan wadah bagi mahasiswa dan terus menggali potensi para mahasiswa untuk pembangunan Indonesia melalui mobile app yang inovatif. Babak Final dari Hackathon ini akan dilaksanakan di Yogyakarta Pada 8 Mei 2022.

Event ini juga sebagai upaya komprehensif untuk meningkatkan Soft Skill, literasi teknologi dan prestasi pada Revolusi Industri 4.0. Lomba ini sebagai momentum yang tepat untuk mendorong semangat mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0 untuk berkompetisi menciptakan inovasi-inovasi dalam memecahkan permasalahan yang ada di lingkungan mahasiswa.

Lomba ini menuntut wawasan dan pemahaman mahasiswa yang luas dalam bidang teknologi informasi dan ilmu digitalisasi. Kemampuan Soft Skill yang baik akan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam berinovasi, serta komunikasi yang baik dalam tim akan membentuk rasa kerja sama dan tanggung jawab bersama pada diri mahasiswa.

Baca juga: Mahasiswa Pascasarjana IPB Terpilih Menjadi Peneliti Dunia, Ini Sosoknya

Indah C.H selaku Humas DPP Sahabat Ganjar menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan Event Hackathon yang akan digelar.

“Sahabat Ganjar selalu bergerak melakukan kegiatan-kegiatan yang menarik, adanya event Hackathon jadi Sahabat Ganjar memberikan wadah bagi para peserta untuk menciptakan generasi yang melek digital, ini merupakan bukti bahwa Sahabat Ganjar merangkul berbagai macam kalangan,” ujar Indah dalam keterangan pers, Selasa (26/4/2022).

Menyadari pentingnya peran mahasiswa dalam pembangunan Indonesia melalui mobile app, Sahabat Ganjar memberikan ruang kompetisi untuk seluruh mahasiswa di Jawa Tengah & DIY. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan Mei dengan semi final yang akan dilaksanakan di Yogyakarta.

Event ini gratis atau sama sekali tidak dipungut biaya. Sementara, hadiah yang ditawarkan total mencapai Rp22,5 juta. Untuk syarat dan ketentuan bisa langsung di akses di website resmi Sahabat Ganjar. Pendaftaran dibuka dari 18 April 2022–3 Mei 2022, nantinya peserta yang lolos seleksi akan diberitahukan pada 5 Mei 2022.

Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis, berinovasi dalam pemecahan masalah, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya.

Untuk jenjang SMK, Sahabat Ganjar juga mengadakan lomba kejuruan untuk jurusan TKJ atau Teknik Komputer Jaringan se-Solo Raya (Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Klaten) yang dilaksanakan pada 15 Mei 2022 mendatang di Kota Solo.

Panitia penyelenggara menyediakan total hadiah senilai Rp15 Juta kepada para pemenang, beserta sertifikat dan piala penghargaan. Indah C.H menambahkan, dengan total hadiah yang disediakan, mampu meningkatkan minat dan animo seluruh siswa SMK yang berada di Solo Raya.

“Semoga, dengan semua hadiah yang sudah disediakan, mampu menjadi wadah yang baik untuk siswa siswi SMK untuk perkembangan dunia digital dan teknologi di Indonesia,” ujar Indah.

Sama seperti lomba Hachkaton, lomba kejuruan ini juga tidak dipungut biaya pendaftaran. Bagi yang ingin mendaftar, pendaftaran dibuka dari 19 April 2022 sampai 11 Mei 2022.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2142 seconds (10.55#12.26)