Bukan Asal Viral, Seperti ini Tipe-tipe Konten yang Dibutuhkan Masyarakat

Kamis, 28 April 2022 - 10:58 WIB
loading...
Bukan Asal Viral, Seperti ini Tipe-tipe Konten yang Dibutuhkan Masyarakat
Jurusan Komunikasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Seiring perkembangan zaman, beragam informasi hadir melalui media sosial . Fenomena tersebut menjadikan orang berlomba-lomba menjadi informan pertama agar informasi yang mereka berikan bisa viral. Viralnya sebuah konten tergantung pada audiensnya. Apabila konten tersebut dirasa menarik maka dengan sendirinya orang-orang berdatangan jadi penonton.



Dahulu, sebuah konten bisa viral karena sensasi yang dibuat. Misalkan drama dengan setting sedemikian rupa sampai konten clikbait yang mampu menghadirkan banyak penonton. Berbeda dengan sekarang, di mana masyarakat semakin melek dan mampu menyaring informasi sebelum mereka mengonsumsinya. Berikut ini tipe-tipe konten yang dibutuhkan masyarakat, bukan asal viral tapi juga informatif.

Konten How To

Sesuai dengan namanya, ‘How To’ menyajikan konten yang berisi bagaimana membuat sesuatu hal jadi mudah dan menyenangan. Tipe konten seperti ini tidak akan basi dinikmati kapan pun karena isi yang disajikan dekat dengan kehidupan masyarakat. Anda bisa membuat konten ‘How To’ dalam bentuk artikel maupun video.



Seperti konten ‘How To’ yang banyak beredar saat ini di mana kreator memperlihatkan cara penggunaan atau pembuatan yang nantinya bisa ditiru penonton di rumah. Misalnya membuat resep masakan simple untuk sahur dan buka puasa, memanfaatkan barang bekas jadi barang berguna di rumah, dan lain sebagainya. Apabila Anda mampu menyajikan dengan cara menarik, tidak menutup kemungkinan konten yang dibuat akan viral.

Review Produk

Selanjutnya adalah konten review produk, tidak dapat dipungkiri jenis konten seperti ini paling banyak dicari masyarakat. Hal itu terjadi karena orang yang ingin membeli atau menggunakan sesuatu butuh informasi lebih tentang produk tersebut. Maraknya toko online juga semakin mempermudah masyarakat membandingkan kualitas dan harga dari satu toko dengan toko lainnya.

Karena informasi yang tersaji kurang mendetail, masyarakat butuh review dari penggunannya. Apabila Anda sebagai pengguna produk tertentu, bisa memberikan review secara objektif terkait produk yang digunakan. Misalnya yang paling banyak dicari review produk kecantikan, mulai dari skincare sampai make up. Alangkah baiknya Anda juga melakukan uji coba terhadap produk kecantikan yang direview agar masyarakat semakin yakin dengan hasilnya.

Podcast

Podcast semakin naik daun semenjak munculnya platform yang mewadai jenis konten seperti ini. Sebenarnya podcast sudah ada sejak dahulu tapi karena momentum yang tepat jadi makin dikenal keberadaannya. Podcast juga disebut sebagai radio baru karena menghadirkan layanan on demand. Topik yang dibahas dalam podcast beragam, mulai dari story telling kisah tertentu sampai tips sehari-hari.

Apabila Anda membuat konten dalam betuk podcast maka jangan lupa promosi melalui platform lain seperti Facebook dan Twitter. Agar tampak menarik jangan langsung upload dalam bentuk audio tetapi dengan membagikan link podcast. Kemudian buatlah gambar statis dengan meletakkan podcast di dalamnya dan mengunggah sebagai video. Dengan cara ini, audiens Anda akan lebih mudah karena dapat mendengarkan secara langsung.

Q&A

Tipe konten satu ini berguna untuk membangun interaksi lebih dekat dengan audiens melalui Q&A atau tanya jawab. Sebelum membuat konten, tentunya perlu mengumpulkan pertanyaan dari para pengikut Anda di media sosial. Kumpulkan pertanyaan yang relevan dan menurut Anda menarik agar penonton merasa walau ini hanya konten tanya jawab tapi juga tetap layak ditonton.

Dari pertanyaan yang sudah dikumpulkan itu, berikan jawaban yang tepat agar audiens merasa puas karena mendapat solusi dari pertanyaan tersebut. Melalui tipe konten seperti ini, Anda turut memberi kesempatan pada masyarakat untuk menilai konten Anda layak dan kredibel membahas topik terkait.

Behind the Scene

Bagi Anda penikmat film atau tayangan terkait pasti sering mendapati behind the scene yang ditampilkan setelah penanyangan utama. Bukan tanpa alasan behind the scene ditayangkan, konten seperti ini kerap menyimpan cerita lucu dan menarik. Selain karya utama, masyarakat juga menyukai behind the scene karena mereka seakan ada di lokasi syutingnya.

Konten seperti ini ternyata juga menyimpan manfaat diantaranya menampilkan sisi realistis sebuah film sesungguhnya. Masyarakat akan mengetahui apa yang dirasa dan dikerjakan oleh para pekerja di belakang layar, utamnya mengetahui cara pengambilan gambar dari tiap adegan yang ditampilkan.

Update Berita Terbaru

Setiap orang pasti punya rasa penasaran tinggi terhadap informasi tertentu. Anda bisa memanfaatkan tingkat penasaran masyarakat sebagai bahan untuk membuat konten yang menarik. Apabila Anda membuat konten seperti ini tetap perhatikan fakta yang benar-benar terjadi di lapangan, agar tidak terjadi miskomunikasi antar informasi yang disampaikan dengan pemahaman masyarakat.

Membuat sebuah konten agar bisa viral memang tidak mudah, tapi Anda bisa mengusahakannya dengan mengetahui tipe konten yang paling banyak dibutuhkan. Hampir semua orang di penjuru dunia menggunakan smartphone sebagai kebutuhan harian mereka. Namun, setiap orang punya ketertarikan masing-masing. Sehingga tidak bisa disamaratakan konten prank bisa dikenal semua kalangan. Satu hal yang penting, setiap konten yang dibuat pasti punya penonton dengan kesukaan sama dengan Anda.

Penulis:
Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)