Kalian Gagal UTBK-SBMPTN 2022? Lakukanlah Hal Berikut Ini

Kamis, 28 April 2022 - 20:23 WIB
loading...
Kalian Gagal UTBK-SBMPTN 2022? Lakukanlah Hal Berikut Ini
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Padjajaran (Unpad) 2021. Foto/Dok/Unpad
A A A
JAKARTA - Masuk Universitas favorit terutama Perguruan Tinggi Negeri ( PTN )tentunya didambakan oleh lulusan Sekolah Menengah, selain biaya masuk yang lebih murah di banding swasta, Perguruan tinggi juga lebih terpandang baik di kalangan masyarakat maupun di dunia kerja.

Setelah lulus setiap siswa-siswi tentu akan bersaing dengan seluruh siswa Sekolah Menengah lain di seluruh Indonesia dengan berbagai jalur demi mendapatkan satu bangku duduk di Universitas dambaannya. Salah satu jalur persaingan untuk dapat masuk ke PTN adalah jalur SBMPTN .



Sayangnya di setiap persaingan pasti banyak pihak yang tersingkir, namun bagi kalian yang belum lolos jangan berkecil hati dan patah semangat, kalian gagal dalam SBMPTN tentunya masih ada jalan lain yang dapat kalian lakukan untuk mencapai mimpi kalian, simaklah ulasan di bawah ini.

1. Mengikuti Ujian Mandiri

Langkah terdekat setelah SBMPTN bila ingin masuk ke PTN adalah lewat Ujian Mandiri yang diadakan oleh PTN tersebut. sistem Ujian Masuk ini kurang lebih sama dengan SBMPTN, jadi untuk kalian yang memang ingin masuk PTN baiknya lebih giat belajar lagi.

2. Mengikuti SBMPTN Tahun Depan

Bagi kalian yang gagal di tahun ini dan kalian memang sangat ingin memasuki PTN, jalur SBMPTN tahun depan juga bisa menjadi salah satu opsi kalian, meskipun gagal di tahun ini setidaknya kalian sudah punya pengalaman mengikuti SBMPTN, jadikan itu sebagai bekal untuk mempersiapkan diri lebih matang lagi demi mengikuti SBMPTN tahun depan.



3. Mengikuti Ujian Masuk Universitas Swasta
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)