Profil 3 Anak Amien Rais yang Menempuh Kuliah di UGM

Jum'at, 29 April 2022 - 11:10 WIB
loading...
Profil 3 Anak Amien Rais yang Menempuh Kuliah di UGM
Ahmad Mumtaz Rais, anak ketiga Amien Rais. Foto/Tangkap layar YouTube PAN TV.
A A A
JAKARTA - Amien Rais merupakan salah satu tokoh Indonesia yang patut diperhitungkan di kancah perpolitikan Indonesia. Jejak politiknya pun diikuti oleh para anak-anaknya. Namun tidak hanya itu, Amien dan ketiga anaknya pun merupakan lulusan dari Universitas Gadjah Mada ( UGM ).

Nama Amien Rais mencuat ke kancah politik Indonesia di saat akhir pemerintahan Presiden Soeharto sehingga ia pun dikenal sebagai salah satu yang tokoh yang membidani lahirnya reformasi dan berakhirnya era pemerintahan Orde Baru.

Setelah Soeharto lengser, partai politik baru pun bermunculan dan dia menjadi salah satu pendiri Partai Amanat Nasional dan menjadi ketua umumnya hingga 2005. Pada 1999, Amien Rais terpilih menjadi Ketua MPRsetelah mengalahkan Matori Abdul Djalil.

Perjalanan politiknya di PAN berakhir setelah pada 21 Juli 2020, Amien Rais menyebut dirinya sudah tidak ada di PAN. Amien menyebut dirinya dikeluarkan dari partai yang didirikannya pada 23 Agustus 1998 tersebut. Dan pada 2021, Amien mendirikan Partai Ummat dan menjabat sebagai Ketua Majelis Syura.

Baca: Beasiswa NMG-NJUST Joint Scholarship 2022 Resmi Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar

Pria kelahiran Surakarta ini baru saja berulang tahun pada 26 April lalu. Ia menikah dengan Kusnasriyati Sri Rahayu pada 1969. Dari pernikahannya, mereka dikaruniai lima orang anak, yaitu Ahmad Hanafi Rais, Hanum Salsabiela Rais, Ahmad Mumtaz Rais, Tasniem Fauzia Rais, dan Ahmad Baihaqi.

Dari sisi akademis, Amien Rais merupakan alumni FISIP Universitas Gadjah Mada (UGM). Jejak pendidikannya di UGM ternyata diikuti oleh ketiga anaknya yang juga menempuh di perguruan tinggi negeri yang terletak di DI Yogyakarta ini.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini profil tiga anak Amien Rais yang sama-sama alumnus UGM, yakni Ahmad Hanafi Rais, Hanum Salsabiela Rais dan Ahmad Mumtaz Rais.

1. Ahmad Hanafi Rais

Ahmad Hanafi Rais adalah anak tertua Amien Rais yang lahir di Chicago, Amerika Serikat pada 9 September 1979. Hanafi tercatat lulus sarjana jurusan Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada dan kemudian melanjutkan studi S2 ke National University of Singapore (NUS).

Hanafi pada 2011 mencalonkan diri pada Pilkada Kota Yogyakarta 2011, Hanafi Rais yang berpasangan dengan Tri Harjun Ismaji ikut bertarung. Namun, pasangan ini hanya memperoleh 84.122 suara atau 41,9 persen.

Pada Pemilu 2014 dia mencalonkan diri sebagai anggota DPR dan terpilih hingga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI. Pada Pemilu 2019 Hanafi kembali maju dan oleh DPP PAN dia dipercaya sebagai Ketua Fraksi PAN DPR RI.

Pada kepengurusan DPP PAN 2020-2025, Hanafi Rais dipercaya sebagai Wakil Ketua Umum DPP PAN. Namun pada 2020 dia menyatakan mundur dari PAN dan bergabung dengan ayahnya di Partai Ummat.

2. Hanum Salsabiela Rais

Hanum Salsabiela Rais merupakan anak kedua Amien Rais. Hanum lahir di Yogyakarta, 12 April 1982. Perempuan yang meraih gelar Dokter Gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Gadjah Mada ini awalnya dikenal sebagai sebagai presenter. Kemudian, Hanum dikenal sebagai seorang penulis yang sejumlah karyanya di-film-kan.

Baca juga: Beasiswa Pendidikan Indonesia 2022 Sasar Kalangan Lebih Luas, Cek Daftarnya

Tahun 2010, Hanum menerbitkan buku berjudul Menapak Jejak Amien Rais: Persembahan Seorang Putri untuk Ayah Tercinta. Dia juga menerbitkan novel Berjalan di Atas Cahaya dan 99 Cahaya di Langit Eropa yang kemudian diadaptasi menjadi film 99 Cahaya di Langit Eropa dan 99 Cahaya di Langit Eropa Part 2.

Hanum mencalonkan diri sebagai anggota DPRD DIY dari Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Pemilu Legislatif yang digelar serentak dengan Pilpres 2019. Maju dari Dapil DIY 6, Hanum sukses terpilih sebagai anggota DPRD DIY. Pada 2 September 2019, Hanum dilantik. Berdasarkan data di laman dprd-diy-go.di, Hanum merupakan Sekretaris Fraksi PAN DPRD DIY. Dia juga duduk di Komisi B yang membidangi perekonomian dan keuangan.

3. Ahmad Mumtaz Rais

Ahmad Mumtaz Rais merupakan anak ketiga Amien Rais yang lahir pada 17 September 1983. Dia meraih gelar sarjana ekonomi dari UGM dan kemudian melanjutkan studinya untuk mengambil gelar master dari University of Massachusetts Boston, Amerika Serikat.

Sama halnya dengan Hanafi dan Hanum, Mumtaz juga terjun ke dunia politik dan bahkan kiprahnya di dunia politik lebih dulu dibandingkan kedua saudaranya tersebut.

Mumtaz merupakan anggota DPR Periode 2009-2014 dari PAN yang bertarung di Dapil Jawa tengah VIII (Cilacap-Banyumas). Pada Pemilu 2014 dia rehat dari agenda Pileg dan kembali maju sebagai caleg DPR pada Pemilu 2019 dari Dapil Jateng VI, sayangnya PAN gagal mendapatkan kursi di DPR dari Jateng.

Meski ayahnya mendirikan Partai Ummat, namun Mumtaz saat ini masih akif di Partai Amanat Nasional dan menjabat sebagai Ketua DPP PAN Bidang Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan (POK).

Mumtaz belakangan ini ramai mewarnai pemberitaan media massa menyusul proses perceraian dengan istrinya, Futri Zulya Savitri, yang merupakan anak Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.
(nz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2047 seconds (11.252#12.26)