Sederet Gelar Profesor dan Doktor Kehormatan yang Disandang Megawati Soekarnoputri

Rabu, 11 Mei 2022 - 17:06 WIB
loading...
Sederet Gelar Profesor dan Doktor Kehormatan yang Disandang Megawati Soekarnoputri
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri resmi dianugerahkan gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts (SIA) Korea Selatan hari ini, Rabu (11/5/2022). Sejatinya, pemberian gelar ini bukan yang pertama kali diterima oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

Untuk diketahui, SIA sebagai pemberi gelar, adalah institusi pendidikan ternama yang sudah berdiri lebih dari 60 tahun. Melahirkan puluhan artis ternama dan berkualitas dari Korea. Sebut saja Kim Seon Ho, Son Ye Jin, hingga Kim Ha-neul. Atau penyanyi Wooyoung dari Grup 2PM, dan Presenter Yoo Jae-Suk.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan, pihak SIA memberi gelar profesor tersebut karena menilai besarnya kontribusi serta komitmen kemanusiaan Megawati memperjuangkan perdamaian di Semenanjung Korea, serta perhatiannya yang begitu besar terhadap demokrasi, lingkungan dan kebudayaan. Bahkan Megawati juga pernah menjadi utusan khusus Presiden Korea Selatan untuk ke Korea Utara dalam menjalankan diplomasi perdamaian.

Gelar profesor kehormatan dari SIA ini menjadi yang kedua untuk Megawati. Sebab Putri Presiden Indonesia pertama, Soekarno ini sebelumnya juga telah menerima gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan RI (Unhan) di Bidang Kepemimpinan Strategik pada Juni 2021 lalu.

Baca: Bisa Kuliah di Negara Teraman Dunia, Ini Kisah Awardee IISMA dari Unair

Selain gelar profesor kehormatan, Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini juga telah menyandang sembilan gelar doktor kehormatan dari berbagai perguruan tinggi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Berikut ini adalah daftarnya:

1. Waseda University of Tokyo, Tokyo, Jepang, 29 September 2001 (Bidang Politik).

2. Moscow State Institute of International Relations (MGIMO), Moskow, Rusia, 22 April 2003 (Bidang Politik).

3. Korea Maritime and Ocean University, Busan, Korea Selatan, 19 Oktober 2015 (Bidang Politik)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1228 seconds (10.55#12.26)